Puluhan Santri di Mukomuko, Bengkulu Positif COVID-19

Oleh: Restu Diantina Putri - 22 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Dari 34 orang yang positif COVID-19 di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, sebanyak 24 orang di antaranya santri Ponpes Al Iman di Kecamatan Air Manjuto.
tirto.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan sejak beberapa hari terakhir sebanyak 34 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, sebanyak 24 orang di antaranya santri Pondok Pesantren Al Iman di Kecamatan Air Manjuto.

“Data yang kemarin ada penambahan 34 kasus positif COVID-19 di daerah ini, sebanyak 24 orang di antaranya santri Pondok Pesantren Al Iman Kecamatan Air Manjuto,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat (22/1/2021), seperti dilansir Antara.

Desriani yang juga anggota Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko mengatakan hal itu menindaklanjuti narasi perkembangan COVID-19 di daerah ini sejak beberapa hari terakhir.

Dalam narasi tersebut, jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Mukomuko sejak beberapa hari terakhir ini bertambah sebanyak 34 orang sehingga totalnya menjadi 441 orang.

Ia menyebutkan dari sebanyak puluhan santri Pondok Pesantren Al Iman di satuan pemukiman (SP) V yang dinyatakan positif COVID-19, kemungkinan besar kontak erat orang di lokasi tersebut.

“Untuk lebih jelasnya petugas kesehatan dari dinas ini akan melakukan ‘tracking’ atau penelusuran guna memastikan riwayat kontak sebanyak puluhan orang yang positif COVID-19 ini,” ujarnya.

Terkait banyaknya santri Pondok Pesantren Al Iman yang dinyatakan positif COVID-19, ia mengatakan, perlu adanya penanganan yang lebih baik guna mencegah penyebaran dan penularan virus corona.

Ia mengatakan dari sekian banyak santri yang ada di pesantren ini, masih sebagian santri yang berada di pesanten dan sebagian lainnya dipulangkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Pihaknya menyarankan kepada pihak pesantren agar santri menjalani isolasi mandiri di rumahnya guna mencegah penyebaran virus corona karena kalau masih berada di pesantren, terlebih ada 24 yang positif.

Petugas Dinas Kesehatan setempat sebelumnya selama tiga hari berturut-turut melakukan tes usap terhadap semua atau sekitar 400 orang santri di Pondok Pesantren Al Iman ini.

Sementara itu, penambahan 10 dari 34 kasus COVID-19 di daerah ini berasal dari tujuh orang dari Kecamatan XIV Koto, dua kasus dari Kecamatan Kota Mukomuko dan satu kasus Kecamatan V Koto.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Restu Diantina Putri
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Restu Diantina Putri
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight