Puluhan Anggota Terduga ISIS Ditangkap di Turki

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 29 Oktober 2017
Beberapa diantara mereka diduga akan melakukan serangan dini hari saat Libur Nasional Turki pada Minggu (29/10/2017).
tirto.id - Turki menangkap lebih dari 50 orang pada Sabtu (28/10/2017) yang diduga menjadi anggota kelompok ISIS, dan beberapa di antaranya disangka merencanakan serangan di hari libur nasional Turki pada Minggu (29/10/2017), demikian yang dilaporkan kantor berita pemerintah, Anadolu.

Sebagian besar penangkapan itu dilakukan di ibu kota Ankara, tempat 49 tersangka ditangkap sehari sebelum perayaan yang digelar di seluruh negara itu untuk memperingati 94 tahun Hari Republik Turki.

Empat orang lainnya ditangkap di distrik komersial Istanbul, karena diduga menyiapkan serangan atas nama ISIS, lapor kantor berita Anadolu seperti dikutip AFP.

Bom rakitan ditemukan di dalam mobil mereka, menurut kantor berita Dogan, yang melaporkan bahwa salah satu tersangka menderita cedera selama penangkapan.

Anadolu melaporkan bahwa otoritas Turki mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 55 terduga anggota ISIS asing, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Turki didera serangkaian serangan berdarah dengan tertuduh pelaku militan ISIS selama dua tahun terakhir, termasuk serangan Tahun Baru pada tahun ini di klub malam Istanbul oleh pria bersenjata ISIS, yang menewaskan 39 orang.

Baca juga artikel terkait ANGGOTA ISIS atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo