Puan Restui Pembentukan Dewan Kolonel untuk Manuver Pilpres 2024

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 21 Sep 2022 16:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Puan memandang Dewan Kolonel sebagai bentuk gotong royong partai dalam proses memberikan dukungan kepada dirinya agar maju menjadi calon presiden di 2024.
tirto.id - Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan dukungan terbentuknya Dewan Kolonel yang beranggotakan para kader PDIP di DPR. Puan menganggap Dewan Kolonel memiliki unsur gotong royong dalam proses memberikan dukungan kepada dirinya agar maju menjadi calon presiden di 2024 mendatang.

“Inisiatif ini sah-sah saja selama dibangun dengan didasari semangat gotong royong,” kata Puan dalam rilis tertulis pada Rabu (21/9/2022).

“Semua yang kemudian mempunyai tujuan dan keinginan untuk bekerja sama secara bergotong-royong tentu itu harus hal yang positif yang bisa dilakukan,” imbuhnya.


Puan yang menjabat sebagai Ketua DPP PDIP juga meminta agar Dewan Kolonel terhada patuh pada instruksi dan struktur PDIP dalam bekerja. Oleh karenanya, Puan meminta agar setiap kegiatan yang dilakukan sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024.

“Instruksi dari Bu Ketum adalah semua kader, simpatisan, struktural partai harus mempersiapkan diri untuk menyongsong tahun 2024. Turun ke lapangan, turun ke bawah untuk bertemu dengan rakyat,” ujarnya.

Mengenai program kerja Dewan Kolonel yang akan mempromosikan sosok Puan di Dapil masing-masing, Puan siap memberikan dukungan.

“Itu kan inisiatif dari mereka, namun sebenarnya kan bagaimana kita bisa bergotong-royong dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian, tugas-tugas fraksi untuk mensosialisasikan semua program ke lapangan,” ungkapnya.

Dewan Kolonel terbentuk atas usulan Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi. Adapun anggotanya dari Fraksi PDIP yang tersebar dari Komisi I hingga Komisi XI. Mereka adalah:

Komisi I : Dede Indra Permana dan Sturman Panjaitan
Komisi II : Junimart Girsang
Komisi III : Trimedya Panjaitan dan Johan Budi

Komisi IV : Riezky Aprilia
Komisi V : Lasarus
Komisi VI : Adi Satriyo Sulistyo
Komisi VII : Dony Maryadi Oekon
Komisi VIII : My Esti Wijayati
Komisi IX : Abidin Fikri
Komisi X : Agustin Wilujeng
Komisi XI : Hendrawan Supratikno dan Masinton Pasaribu



Baca juga artikel terkait CAPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight