PTUN Menangkan PT BPH, Anies: Pembangunan Stadion Jalan Terus

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 15 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga tetap tenang atas kemenangan PT BPH terkait sengketa lahan Stadion Persija atau taman BMW, karena Pemprov DKI tetap akan meneruskan pembangunannya.
tirto.id - PTUN memenangkan PT Buana Permata Hijau (BPH) dalam kasus administrasi sengketa lahan di Sunter.

Lahan yang menjadi sengketa merupakan lahan yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membangun Stadion Persija atau dikenal dengan Taman BMW.

Anies pun menyampaikan agar masyarakat tetap tenang karena kemenangan atas gugatan tersebut tidak menghentikan pembangunan Stadion untuk Persija.

"Tetap jalan terus [pembangunan], Taman Persija jangan khawatir," kata Anies saat ditemui di Jakarta Pusat, pada Rabu (15/5/2019).

Sebagaimana yang tertulis dalam website PTUN Jakarta, PT BPH awalnya mengajukan gugatan ke Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Utara pada 29 November 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian masuk untuk intervensi pada 15 Januari 2019.

"Disitu kita menjadi intervensi, tetapi di pengadilan negeri kita menang dan menunjukkan secara material substansial tanah itu sah milik DKI," ungkap Anies.

Dengan itu, kata Anies, lahan yang menjadi sengketa dan mau digunakan untuk pembangunan Stadion Persija atau BMW tetap aman.

"Yang kemarin diputuskan adalah yang di PTUN, jadi proses administrasinya yang digugat oleh PT buana, tapi materinya adalah sah milik kami [Pemprov DKI] dan itu diputuskan di pengadilan negeri, jadi pengadilan negeri sudah memutuskan," kata Anies.

"Secara substansi, tanah itu sudah diputuskan Pengadilan Negeri bahwa itu adalah milik DKI. Insyaallah nggak masalah," tambahnya.

Anies Baswedan melakukan kick off pembangunan Jakarta International Stadion untuk Persija di Jakarta International Stadium, Sunter, Jakarta Utara, pada Kamis (14/3/2019).

Anies mengatakan, proses pembangunan stadion Persija ini akan dilakukan selama kurang lebih 2,5 tahun, terhitung sejak kick off.

Luas kawasan stadion BMW diperkirakan mencapai 500 ribu meter persegi, sementara luas stadion utamanya akan sebesar 76 ribu meter persegi.

Alokasi anggaran untuk pembangunan stadion ini telah disetujui Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta, pada Selasa (27/11/2018). Dalam rapat itu, Banggar setuju untuk menambah alokasi anggaran hingga sebesar Rp900 miliar.

Peletakan batu pertama Stadion Taman BMW dilakukan oleh Joko Widodo selagi menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Mei 2014. Peletakan baru pertama selanjutnya dilakukan oleh Djarot Saiful Hidayat, sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta pada September 2017.


Baca juga artikel terkait PEMBANGUNAN STADION PERSIJA atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno