Liga 1 2020

PT LIB: Jadwal Liga 1 2020 Mulai 1 Oktober, Finis 28 Februari 2021

Oleh: Hendi Abdurahman - 13 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
PT LIB menyodorkan jadwal Liga 1 2020 yang dimulai kembali (restart) pada 1 Oktober 2020, dan berakhir pada 15 Februari 2021.
tirto.id - Liga 1 2020 yang sempat dihentikan sementara karena pandemi COVID-19, bakal kembali digelar mulai 1 Oktober 2020 dan berakhir 28 Februari 2021. Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan bahwa Liga 1 akan tetap menggunakan sistem kompetisi penuh.

“Ya, itu jadwal dari kami. Jadi ini memang kelanjutan dari pekan ketiga yang sebelumnya sudah berjalan [sebelum pandemi COVID-19],” kata Sudjarno seperti dikutip Antara.

Sejauh ini, koordinasi LIB dan seluruh klub peserta Liga 1 2020 terus dilakukan. Teranyar, LIB selaku operator kompetisi telah mengirimkan surat kepada manajamen klub-klub Liga 1.

Dalam surat itu, LIB menerangkan pelaksanaan pertandingan yang dipastikan tanpa penonton sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus Corona. Tak hanya itu, LIB juga bakal melakukan pendekatan terkait kegiatan prakompetisi seperti lokakarya kesehatan dan organisasi pertandingan.

Nantinya, seluruh perwakilan tim (manajer) akan diundang dalam rapat. Kendati demikian, waktu pelaksanaan rapat hingga kini belum ditentukan.



Yogyakarta jadi Home Base

PT LIB masih merencanakan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk digunakan sebagai home base klub-klub luar pulau Jawa. Sebagaimana usulan sebelumnya, Liga 1 akan dilanjutkan dengan syarat pertandingan terpusat di pulau Jawa. LIB pun meminta respons klub terkait hal ini maksimal sampai tanggal 15 Juli mendatang.

“Klub dari luar Jawa akan berhome base di Pulau Jawa, khususnya di DI Yogyakarta dan sekitarnya karena kami menyiapkan akomodasi di sana,” papar Sudjarno.

“Di Yogyakarta dan sekitarnya, kan, banyak lapangan seperti Stadion Maguwoharjo, atau bisa juga di Solo, Bantul, Sleman. Jadi bisa saja satu stadion akan digunakan sebagai kandang oleh dua tim,” lanjutnya.

Akan tetapi, PT LIB tetap membolehkan apabila klub luar Jawa bermarkas di wilayah selain Yogyakarta, seperti Jakarta atau daerah lainnya

“Insya Allah setelah ada tanggapan dari klub-klub soal home base, kami akan mengadakan rapat virtual. Salah satunya untuk membahas biaya akomodasi dan subsidi,” terang Sudjarno.



Persiapan Lanjutan Liga 2 2020

Sementara itu, Sudjarno juga mengatakan pihaknya terus mempersiapkan kelanjutan Liga 2 musim 2020. Berbeda dengan Liga 1, sistem Liga 2 dilanjutkan dengan sistem turnamen.

“Persiapan terus dilakukan. Salah satu yang tengah didiskusikan adalah soal tuan rumah karena ada beberapa daerah yang mengajukan diri,” katanya.

Meski belum menentukan tanggal pasti, LIB mengatakan Liga 2 akan dihelat pada pertengahan Oktober 2020 dan berakhir pada November 2020. Nantinya, 24 tim peserta akan dibagi ke dalam 4 grup yang diisi oleh 6 klub.

Grup 1 dikabarkan bakal bergulir di Sumatera sedangkan Grup 2 masih dalam rencana antara Jawa Barat, Banten atau DIY. Grup 3 diperkirakan digelar di Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Kendati demikian, belum ada kepastian dalam wacana ini. Sudjarno mengatakan jika konsep yang tengah dirancang ini masih belum final.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight