PSSI Sesalkan Rasisme ke Pemain PSM asal Papua Patrich Wanggai

Reporter: Antara - 25 Maret 2021
PSSI akan mengedukasi kepada masyarakat tentang larangan rasisme dalam sepak bola.
tirto.id - Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan sangat menentang rasisme dan menilai perbuatan warganet kepada Patrich Wanggai tidak dapat dibenarkan

"Tentu kami menyesalkan tindakan oknum netizen yang mengatakan rasisme kepada saudara Patrich Wanggai. PSSI sangat menentang dan meminta semua suporter dan netizen di Indonesia untuk meninggalkan rasisme," ujar Yunus melansir situs web PSSI, Kamis (25/3/2021).

Rasisme terhadap Patrich terjadi di kolom komentar Instagram setelah laga PSM Makassar kontra Persija Jakarta pada Senin (22/3) lalu. Persija kalah 0-2, salah satu gol dari Patrich. Pertandingan ini merupakan pertama sejak pandemi dalam merebutkan Piala Menpora 2021. PSM dan Persija berlaga di Grup B.

Yunus mengatakan kejadian agar tidak terulang kembali, pihaknya akan membina suporter.

"PSSI akan terus memberikan edukasi serta butuh dukungan semua pihak untuk memerangi rasisme di sepak bola Indonesia," tutur pria yang menjabat pula sebagai anggota Komite Eksekutif PSSI itu.

Terkait sikap rasialisme terhadap Patrich Wanggai tersebut, PSM sudah mengirimkan surat bernomor 010/PSM-ADM/III/2021 kepada PSSI pada 22 Maret 2021.

Dalam surat yang ditandatangani oleh CEO PSM Munafri Arifuddin itu, klub Juku Eja menegaskan bahwa mereka selalu mendukung Patrich Wanggai dan menentang apapun bentuk rasisme di sepak bola Indonesia.



Baca juga artikel terkait RASISME atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight