Timnas Indonesia

PSSI Pastikan Pelatih Timnas U19 Bukan Fakhri Husaini

Oleh: Iswara N Raditya - 10 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
PSSI menunjuk Gong Oh-kyun sebagai pelatih Timnas Indonesia U19, bukan Fakhri Husaini.
tirto.id - Teka-teki siapa pelatih yang akan menukangi Timnas Indonesia U19 akhirnya terkuak. PSSI ternyata tidak melanjutkan kerja sama dengan Fakhri Husaini yang sebelumnya terbilang sukses menukangi Timnas U19. Posisi ini bakal diserahkan kepada Gong Oh-kyun yang didatangkan bersama Shin Tae-yong dari Korea Selatan.

Di Jakarta pada Kamis (9/1/2020) kemarin, PSSI telah menggelar rapat koordinasi dan membentuk susunan kepelatihan Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong. Pelatih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tidak hanya akan membesut Timnas Indonesia senior, tapi juga sebagai supervisi tim nasional di level usia muda.

“Timnas senior dipimpin langsung Shin Tae-yong, dibantu Indra Sjafri dan Kim Hae-woon [pelatih kiper]. Sementara di Timnas U23 akan dipimpin Indra Sjafri bersama Kim Woo-jae,” jelas Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan alias Iwan Bule, di Jakarta usai pertemuan kemarin, dikutip dari laman PSSI.

Iwan Bule tidak menyebut nama Fakhri Husaini untuk posisi pelatih Timnas Indonesia U19. “Untuk Timnas U19, PSSI mempercayakan kepada Gong Oh-kyun dan Nova Arianto. Untuk Timnas U16 dipimpin Bima Sakti. Adapun pelatih fisik Lee Jae-hong.”

Gong Oh-kyun adalah asisten pelatih tim nasional Korea Selatan U19 yang baru saja berlaga di Piala Dunia U20 2019 di Polandia. Timnas Korsel U19 berhasil menembus final kendati kalah dari Ukraina dengan skor 1-3.


Fakhri Husaini sebenarnya terbilang sukses selama menangani tim nasional usia muda, termasuk mengantarkan Timnas Indonesia U19 lolos putaran final Piala Asia U19 2020. Namun, pelatih kelahiran Aceh ini ternyata tidak dipakai lagi oleh PSSI.

Dengan demikian, ada kemungkinan Fakhri Husaini tidak akan mendampingi David Maulana dan kawan-kawan di Piala Dunia U21 2021 yang bakal digelar di Indonesia tahun depan.

Sebelumnya, Fakhri Husaini menyatakan enggan jika diminta menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, termasuk di Timnas U19. “Saya sudah mengatakan tidak mau menjadi asisten pelatih. Jawaban saya sudah final," tandasnya, dilansir Antara, Kamis (9/1/2020).

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA U20 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight