PSSI-Kemenpora Bahas Tuan Rumah Piala Dunia U-20 dan SEA Games 2019

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 4 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kemenpora akan menyerahkan persiapan Timnas Sepakbola U-23 ke SEA Games, Filipina, November 2019 ini.
tirto.id - Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menggelar rapat koordinasi dengan Menpora, Zainudin Amali, di Kemenpora, Senin (4/11/2019). Kunjungan ini merupakan kali pertama usai Iwan Bule terpilih jadi Ketum PSSI.

Iwan Bule menyebut, rapat koordinasi ini salah satunya membahas persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

"Tadi ada hal-hal secara khusus yang kami sampaikan tentang kemungkinan lapangan yang dipakai untuk Piala Dunia U-20. Lalu sejauh apa persiapannya, dan apa yang diperlukan," kata Iwan usai pertemuan.

"Tentunya kami juga sempat berdiskusi mengenai bagaimana menyiapkan tim yang bagus, karena kami ingin Indonesia juga bisa membanggakan saat tampil di rumah sendiri," imbuh Iwan.

Menurut dia, pembahasan tuan rumah Piala Dunia U-20 di Indonesia harus dimulai segera, karena waktunya tersisa dua tahun lagi.

Iwan bersama sejumlah pejabat teras PSSI ke Kemenpora. Di antaraya Waketum PSSI. Cucu Soemantri, Anggota Exco terpilih Sonhadji, dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Sedangkan, Menpora didampingi Sekjen, Gatot S Dewabroto, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, dan Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti. Mereka rapat koordinasi sekitar 90 menit.


Persiapan SEA Games


Mereka juga membahas persiapan Timnas U-23 Indonesia menjelang SEA Games 2019 di Manila, Filipina, serta persiapan untuk menyusun roadmap sepakbola Indonesia.

Roadmap sepakbola sendiri, merupakan salah satu hal yang dituntut presiden Joko Widodo lewat Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Sepakbola Nasional.

"Roadmap ini akan segera dirumuskan oleh kami [PSSI dan Kemenpora] karena ini jelas merupakan amanat presiden," ujar Zainudin Amali.

"Pak Jokowi sejak awal berpesan agar ini betul dituntaskan. Jadi soal kompetisi, agenda timnas dan seterusnya harus tetap berjalan, tapi juga jangan sampai mengesampingkan penyusunan roadmap ini," imbuh Zainudin.

Zainudin juga mengatakan, Kemenpora tidak akan ikut campur persiapan ini, sehingga memercayakan ke PSSI.

Akan tetapi, Kemenpora juga tidak mau abai. Jumat pekan ini, rencananya Zainudin dan beberapa stafnya akan berkunjung ke Lapangan ABC Senayan, lokasi latihan timnas U-23, untuk memberi dukungan.

"Kami sudah saling memahami mana wilayah tanggung jawab pemerintah dan mana yang menjadi tanggung jawab PSSI [...] Pemerintah akan mendukung penuh apa yang secara teknis akan disiapkan PSSI, selain sukses penyelenggaraan, sukses prestasi kami ingin raih," kata Zainudin.


Baca juga artikel terkait CAKETUM PSSI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Zakki Amali
DarkLight