PSSI Kabulkan Banding 3 Calon Ketua Umum, 1 Calon Waketum & 1 Exco

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 18 Oktober 2019
Arif Putra Wicaksono, Sarman, dan Yesayas Oktavianus, berhasil lolos jadi bakal calon Ketum PSI setelah menang banding.
tirto.id - Komite Banding Pemilihan (KBP) mengabulkan banding yang diajukan tiga bakal calon Ketua Umum PSSI, Jumat (18/10/2019). Mereka adalah Arif Putra Wicaksono, Sarman, dan Yesayas Oktavianus.

"Hasilnya ada lima berkas yang dikabulkan, tapi ada satu yang merangkap caketum dan cawaketum [Yesayas Oktavianus], jadi bisa dibilang lima orang lolos banding," ujar Ketua KBP, Erwin Tobing saat konferensi pers di Kantor PSSI, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

Tiga nama di atas melengkapi jumlah calon ketua umum menjadi 11. Sebelumnya delapan nama yang telah lolos adalah Aven Hinelo, La Nyalla Mattalitti, Beny Erwin, Rahim Soekasah, Mochammad Iriawan, Vijaya Vitriyasa, Bernhard Limbong, dan Fary Djemi Francis.

Dua berkas banding lain yang dikabulkan KBP atas nama Yesayas Oktavianus sebagai cawaketum dan Bustanul Zainudin selaku calon exco.

KBP PSSI sebenarnya menerima enam pengajuan banding, tapi satu di antaranya tidak dikabulkan, yakni atas nama Doni Setiabudi yang mendaftarkan sebagai cawaketum. Doni tidak tembus verifikasi karena tak memenuhi syarat minimal lima tahun berkecimpung di sepakbola dalam koridor PSSI.

Menurut Erwin, hasil banding ini, "sudah bersifat final... dan tidak dapat diganggu gugat lagi."

Dipastikan total cawaketum yang bakal berpartisipasi sebanyak 15 orang. Sementara calon exco jumlahnya--yang lolos verifikasi--menyentuh angka 71 nama.

"Kampanye dimulai tanggal 21 ya, sesuai timeline awal," tandas Erwin.

Para caketum, cawaketum, dan calon exco rencananya akan dikumpulkan pada tanggal 31 Oktober 2019--bertepatan dengan tenggat kampanye--untuk menghadiri debat terbuka di hadapan para voters. Kemudian, kongres pemilihan bakal dihelat di Ancol, Jakarta, pada 2 November 2019.


Baca juga artikel terkait CAKETUM PSSI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Rio Apinino
DarkLight