Timnas Indonesia

PSSI: FIFA yang Tentukan 6 Stadion untuk Piala Dunia U20 2021

Oleh: Hendi Abdurahman - 29 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Menurut PSSI, keputusan 6 stadion venue Piala Dunia U20 2021 berada di tangan FIFA.
tirto.id - Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan alias Iwan Bule, mengatakan, 6 stadion yang sempat diumumkan sebagai venue Piala Dunia U20 2021 merupakan rekomendasi PSSI. Akan tetapi, keputusan final tetap berada di tangan FIFA.

“FIFA yang akan menentukan stadion. Jika sudah dipastikan, pemerintah akan diinformasikan agar pembangunan segera dilakukan,” tutur Iwan Bule sebagaimana dikutip Antara, Minggu (28/6) malam.

Enam stadion yang sebelumnya disebutkan Iwan Bule sebagai venue Piala Dunia U20 2020 itu yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Lebih lanjut, Iwan Bule mengatakan telah mengirimkan surat kepada FIFA terkait enam stadion yang direkomendasikan PSSI tersebut. Adapun alasan terpilihnya enam stadion itu di antaranya; pengalaman penyelenggaraan, fasilitas, dan berada di kawasan wisata.

“Jadi saya rasa tidak ada masalah dengan stadion-stadion itu,” paparnya.

Antara PSSI & Kemenpora

Iwan Bule mengaku telah menginformasikan terkait 6 stadion rekomendasi tersebut kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

“Surat untuk enam stadion tersebut sudah masuk ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujar Iwan Bule di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (26/6), dikutip dari Antara.

Namun, Kemenpora membantah bahwa pemilihan keenam stadion tersebut telah dikoordinasikan dengan pihaknya. Kemenpora merasa belum menerima kabar dari PSSI mengenai pemilihan ke-6 stadion itu.


Sebelumnya, selain enam stadion yang direkomendasikan PSSI, terdapat 5 stadion lain yang juga direncanakan untuk menjadi venue yakni Stadion Utama Riau, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Patriot Chandrabagha Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Bekasi, dan Stadion Manda Krida Yogyakarta.

Di luar masalah venue, PSSI tengah gencar mempersiapkan Timnas U19 yang diproyeksikan mengikuti Piala Dunia U20 tahun depan. Gelaran Piala Asia 2020 di Uzbekistan pada Oktober mendatang, akan digunakan sebagai ajang persiapan Piala Dunia U20 2021.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA U-20 2021 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight