Timnas Indonesia

PSSI Bakal Resmikan Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas Senior

Oleh: Iswara N Raditya - 23 Desember 2019
Shin Tae-yong akan segera diresmikan PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia.
tirto.id - Ada dua nama yang sudah diundang oleh PSSI untuk membesut Timnas Indonesia senior, yakni Shin Tae-yong dan Luis Milla Aspas. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, mengindikasikan bahwa pihaknya sudah menentukan pilihan calon pelatih Timnas Indonesia, yakni Shin Tae-yong asal Korea Selatan.

Iwan Bule bahkan mengatakan bahwa proses negosiasi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia senior sudah memasuki tahap akhir dan akan segera diresmikan dalam waktu dekat. “Sedang finalisasi dalam satu pekan ke depan,” ungkapnya kepada Antara di Jakarta, Senin (23/12/2019).

"Insya Allah segera diresmikan. Kalau sudah pasti, para pewarta pasti akan diundang dalam pengumumannya," imbuh mantan Kapolda Jawa Barat yang belum lama terpilih sebagai Ketua Umum PSSI ini.

PSSI sebelumnya telah memecat Simon McMenemy setelah Timnas Indonesia tampil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Setelah itu, PSSI bertemu dengan Shin Tae-yong, juga Luis Milla di waktu dan tempat yang berbeda.


Shin Tae-yong memaparkan visi dan misinya di hadapan para petinggi PSSI di Malaysia pada 19 November 2019 silam. Ia adalah pelatih tim nasional Korea Selatan yang mendampingi Son Hyung-min dan kawan-kawan di Piala Dunia 2018.

Selain menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong juga pernah menukangi Timnas U20 Korea Selatan di Piala Dunia U20 2017.

Selanjutnya, di sela-sela SEA Games 2019, PSSI juga bertemu dengan Luis Milla di Manila, Filipina, pada 30 November 2019 lalu. Luis Milla pernah membesut Timnas Indonesia sebelumnya, yakni di Asian Games 2018.

Jejak karier kepelatihan Luis Milla cukup mentereng. Eks gelandang Barcelona, Real Madrid, dan Valencia pernah mengantarkan Spanyol U21 meraih gelar juara Piala Eropa U21 pada 2011 silam.




Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight