PSMS, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC Terdegradasi dari Liga 1

Oleh: Hendi Abdurahman - 9 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kekalahan yang diderita oleh PSMS, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC di pertandingan terakhir GoJek Liga 1 2018 membuat mereka harus terdegradasi ke Liga 2.
tirto.id - Selain memastikan Persija sebagai juara, Minggu (9/12/2018), GoJek Liga 1 2018 pun menetapkan PSMS, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC sebagai tim yang terdegradasi ke Liga 2 musim depan. Kekalahan yang diderita oleh ketiganya di laga terakhir membuat mereka harus turun level pada musim depan.

Kepastian tiga tim yang terdegradasi tersebut harus ditentukan hingga pertandingan terakhir GoJek Liga 1. Sebelumnya, terdapat lima tim yang berpotensi untuk turun ke Liga 2. Namun, dua tim lainnya yakni PS TIRA dan Perseru berhasil lolos usai menang atas lawan-lawannya, Borneo FC dan Persipura.


PS TIRA lolos dari lubang jarum lantaran mampu menundukkan Borneo FC dengan skor 1-3. Aleksandar Rakic menjadi sosok kunci dibalik lolosnya PS TIRA. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak dua dari tiga gol The Army. Satu gol lainnya disumbangkan Ahmad Nufiandani.

Tambahan dua gol tersebut membuat Rakic menyandang pencetak gol terbanyak Liga 1 2018 dengan 21 gol. Ia menyalip David Da Silva yang sebelumnya bertengger di daftar top skor dengan koleksi 20 gol.


Sementara di laga lain, Perseru yang bertandang ke markas Persipura mampu meraih tiga poin usai sumbangan gol dari Boas Isir dan Silvio Escobar. Dengan hasil tersebut, Cendrawasih Jingga berada di peringkat 14 klasemen akhir.

Berbeda dengan PS TIRA dan Perseru, tiga tim lain yakni PSMS, Sriwijaya FC, dan Mitra Kukar ditumbangkan lawan-lawannya. PSMS dibantai oleh PSM dengan skor 5-1. Sementara Sriwijaya FC dikalahkan Arema FC 2-1. Adapun Mitra Kukar dihajar Persija 2-1.

Dengan begitu, posisi ketiga tim tersebut di Liga 1 bakal digantikan oleh tiga tim promosi dari Liga 2. Mereka adalah PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra.

Pada akhir kompetisi, PSS keluar sebagai juara usai mengalahkan Semen Padang dengan skor 2-0. Di perebutan tempat ketiga, Kalteng Putra yang mengalahkan Persita menjadi tim terakhir yang mendapat jatah promosi ke Liga 1.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan