PSM Makassar Jadikan Stadion Pakansari Kandang di Piala AFC 2019

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 22 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
PSM Makassar menetapkan Stadion Pakansari, Bogor sebagai kandang untuk tampil pada turnamen Piala AFC 2019.
tirto.id - Manajemen PSM Makassar akhirnya mengumumkan keputusan mereka, setelah Stadion Andi Mattalatta, Makassar dinyatakan tak memenuhi standar untuk menghelat pertandingan Piala AFC 2019. Juku Eja memutuskan berpindah kandang ke Stadion Pakansari, Bogor khusus untuk laga kandang pada turnamen tersebut.

"Partisipasi PSM di Piala AFC 2019 sudah pasti tidak bisa ditonton langsung warga Makassar di Stadion Mattoangin [Andi Mattalatta]. Hal itu karena PSM mengajukan Stadion Pakansari, Bogor, sebagai markas untuk ikut kompetisi kasta kedua di Asia tersebut," tulis laman resmi Liga 1 dalam pemberitaannya.

Dalam turnamen tersebut, PSM Makassar tergabung di Grup H. Mereka akan bersaing dengan tiga tim lain, yakni Home United (Singapura), Kaya FC (Filipina), serta Lao Toyota (Laos) guna meraih tiket lolos dari babak penyisihan.

Laga perdana PSM Makassar adalah pertandingan kandang. Lao Toyota akan jadi lawan mereka dalam duel yang akan dihelat 13 Maret 2019 mendatang.

Walau punya kendala tak akan bermain di Makassar, Sekretaris PSM, Andi Widya Syadzwina menjamin jika Juku Eja akan tetap berpartisipasi dengan skuat komplit di turnamen tersebut. PSM juga disebutnya telah bersiap menindaklanjuti segala aspek yang harus dipenuhi guna menjadi klub yang lebih profesional menurut standar AFC.

"Semua berkas persyaratan untuk mengikuti Piala AFC 2019 sudah dikirim. Termasuk catatan perbaikan yang harus diselesaikan kalau PSM ingin mendapatkan lisensi penuh sebagai klub profesional," kata pria yang akrab disapa Wina itu.


Sebelumnya, PSM Makassar berhasil merengkuh tiket untuk tampil di Piala AFC 2019 setelah finis di peringkat dua klasemen akhir GoJek Liga 1 2018. Juku Eja mengemas 61 poin, hasil 17 kemenangan, 10 kali imbang, dan tujuh kekalahan.

Selain PSM, dua klub lain dari Indonesia juga punya peluang tampil di level Asia. Klub juara, Persija Jakarta bakal berpartisipasi di Kualifikasi Liga Champions Asia. Sedangkan peraih peringkat tiga, Bhayangkara FC akan terjun ke Kualifikasi Piala AFC 2019.


Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan