PSI Lobi Fraksi Lain di DPRD DKI untuk Dukung Interpelasi Formula E

Reporter: Riyan Setiawan - 27 Apr 2022 13:21 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Saat ini baru 33 anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI dan PDIP yang melayangkan interpelasi ajang balapan mobil listrik Formula E.
tirto.id - Ketua DPW PSI Jakarta, Michael Victor Sianipar menginstruksikan kadernya di DPRD DKI Jakarta untuk mengajak fraksi lain mendukung interpelasi Formula E.

Michael mencatat baru 33 anggota dari Fraksi PSI dan PDIP yang melayangkan interpelasi kegiatan Formula E Jakarta. Sementara 73 anggota DPRD DKI Jakarta dari 7 fraksi lainnya sejak awal menolak hal tersebut.

"Kami sampaikan ke teman-teman dari partai lain bahwa interpelasi ini hal yg wajar, ini hak kedewanan, para anggota dewan punya hak untuk bertanya kepada eksekutif (Pemprov DKI Jakarta)," kata Michael kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

PSI berharap fraksi lain di DPRD DKI melihat interpelasi Formula E Jakarta sebagai bagian dari proses demokrasi.

"Untuk memastikan keberlangsungan acara dan memastikan rupiah yang dikeluarkan sesuai atau cost untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta," kata Michael.

Michael berdalih PSI ngotot melayangkan interpelasi Formula E karena ingin mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjawab pertanyaan publik. Ia bilang salah satunya soal pengunaan dana Rp560 miliar untuk commitment fee kegiatan balap mobil listrik Formula E di Jakarta.

"Tentu kami berharap ketua DPRD segera mengagendakan, bolanya sekarang ada di ketua DPRD," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi optimistis interpelasi Formula E kali ini akan memperoleh dukungan dari fraksi lain di luar PDIP dan PSI. Ia mencontohkan PKB yang tak ikut melaporkan dirinya ke Badan Kehormatan (BK).

"Mungkin ada [Fraksi] lain bertambah, supaya pak Gubernur bisa menjelaskan. Kalau gubernur tidak bisa menjelaskan, kami disandera hal seperti ini," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Dia mengatakan rapat paripurna interpelasi Formula E rencananya digelar setelah hari raya Idulfitri atau sekitar 9 Mei 2022.


Baca juga artikel terkait HAK INTERPELASI FORMULA E atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight