PSG Juara Ligue 1, Kylian Mbappe Jadi Top Skor Musim 2019-2020

Oleh: Oryza Aditama - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Penghentian Liga Prancis diikuti dengan penetapan PSG sebagai juara Ligue 1. Selain itu, penyerang PSG, Kylian Mbappe, diputuskan merebut gelar top skor.
tirto.id - Striker klub Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, diputuskan merebut gelar top skor Ligue-1 musim 2019/2020. Capaian ini sekaligus melengkapi raihan gelar juara liga yang disabet PSG.

Penetapan PSG sebagai juara dan Mbappe menjadi top skor dilakukan setelah Operator Liga Perancis (LFP) memutuskan menghentikan kompetisi Ligue 1 musim ini di tengah jalan, karena dampak dari pandemi virus corona (COVID-19).

Keputusan LFP untuk menyudahi musim kompetisi diambil usai pemerintah Perancis memperpanjang periode karantina wilayah hingga bulan September. Perpanjangan masa lockdown di Prancis terjadi karena pandemi corona di negeri itu belum benar-benar mereda hingga bulan ini.

“Bisa jadi akan ada gugatan, tetapi keputusan kami sudah bulat,” ujar Ketua LFP, Didier Quillot, dikutip dari Antara.

PSG ditahbiskan sebagai juara Ligue-1 musim ini karena berhasil mengumpulkan 68 poin dan berada di puncak klasemen. PSG unggul 12 angka dari peringkat kedua Marseille yang hanya mendapat 56 poin.

Sementara Mbappe yang sanggup melesakkan 18 gol sepanjang musim didapuk sebagai top skor. Jumlah torehan gol Mbappe sebenarnya sama persis dengan pemain Monaco, Wissam Ben Yedder.

Namun, seperti dilansir Antara, ujung tombak PSG tersebut diputuskan lebih berhak memboyong sepatu emas, lantaran semua gol Mbappe dicatatkan lewat permainan terbuka. Sebaliknya, ada tiga tiga gol Wissam Bn Yedder yang berasal dari eksekusi penalti.

Mbappe juga memiliki catatan lebih baik dalam rasio gol per laga. Ke-18 gol Mbappe diperoleh lewat 20 laga. Sementara Ben Yadder membutuhkan 25 laga untuk menorehkan jumlah gol yang sama.

Gol perdana Mbappe di Ligue-1 musim ini ia lesakkan ke gawang Nimes Olympique, pada 12 Agustus 2019. Gol tersebut terjadi pada babak kedua menit ke-56, sekaligus tercatat sebagai gol kedua bagi skuad PSG. Di akhir laga PSG menang 3-0 atas Nimes.

Sedangkan dua gol terakhir Mbappe di Ligue-1 musim ini ia torehkan saat mencetak brace ke gawang Dijon FCO, pada 29 Februari 2020. Kala itu, PSG sukses merebut poin penuh lewat kemenangan telak 4-0.

Prestasi Mbappe di Ligue-1 musim 2019/2020 sekaligus menyamai capaian pada musim lalu. Pada musim 2018/2019, pemain kelahiran Desember 1998 ini juga meraih gelar top skor, dengan 33 gol.

Sementara bagi PSG, gelar juara Liga Prancis musim 2019/2020 kian memantapkan posisi mereka sebagai penguasa Ligue-1 sepanjang 3 tahun terakhir.


Baca juga artikel terkait LIGA atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Addi M Idhom
DarkLight