Protes Anies Soal IMB Reklamasi, Pendemo Bakar Ban Depan Balkot DKI

Oleh: Alfian Putra Abdi - 24 Juni 2019
Aksi bakar ban di gerbang Balai Kota DKI Jakarta itu disertai dengan membentangkan spanduk putih bertuliskan “Anies=Ahok”.
tirto.id - Koordinator Aksi Gerakan Cabut Mandat Anies, Ahmad melayangkan protes kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pulau reklamasi Jakarta.

Protes tersebut disertai dengan aksi bakar ban dan membentangkan spanduk putih bertuliskan “Anies=Ahok” di gerbang Balai Kota DKI Jakarta.

"Jadi kami merasa Anies ini tak ada bedanya dengan Ahok, kalau melanjutkan reklamasi. Kami minta Anies sesuai dengan janji kampanyenya dia setop reklamasi. Kami minta agar Anies menyegelkan reklamasi lagi," ujarnya di lokasi, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Ahmad datang secara tiba-tiba sekitar pukul 16.00 WIB. Kemudian, secara cekatan menaruh dua ban mobil bekas, menyiram bensin, dan membakarnya. Ia juga membentangkan spanduk di depan gerbang Balai Kota DKI Jakarta.

"Kami akan mengadakan aksi lanjutan sampai tuntutan kami dikabulkan Anies," ujarnya.

Sebelumnya juga sedang berlangsung massa aksi dari Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta (KSTJ) yang terdiri dari gabungan mahasiwa dan nelayan.

Mereka juga menuntut hal yang sama yakni mendesak Anies mempertimbangkan kembali penerbitan IMB di pulau reklamasi C dan D.

Namun Koordinator Aksi KSTJ, Elang M.L mengaku tidak terafiliasi dengan massa yang membakar ban tersebut.

"Yang bakar ban, bukan kami. Kami cuma aksi damai," ujarnya di lokasi hari ini.


Baca juga artikel terkait PROYEK REKLAMASI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight