Program Acara Running Man akan Dibuat Versi Indonesia, Tayang 2020

Oleh: Maria Ulfa - 27 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Variety show Running Man akan tayang versi Indonesia dan dijadwalkan tayang pada 2020.
tirto.id - Program acara variety show Running Man yang tayang di SBS akan dibuat versi Indonesia dan dijadwalkan tayang pada 2020 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kim Yon Jae, pimpinan tim konten global SBS pada Jumat (27/12/2019).

“Setelah Tiongkok dan Vietnam, SBS akan mulai masuk ke Indonesia yang merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara. Kami akan melakukan upaya untuk memastikan bahwa kami akan berhasil dan memberikan kontribusi besar bagi penyebaran Hallyu karena kami melakukan ini berdasarkan penelitian dan survei yang sudah kami lakukan selama tiga tahun,” ujar Kim Yong Jae, seperti dikutip Seoul Gyeongjae.

Sementara itu, penandatanganan memo kesepakatan antara SBS dan perusahaan asal Indonesia, PT Festival Citra Lestari (FCL) telah berlangsung pada 29 November 2019 lalu di gedung SBS yang terletak di Mokdong, Seoul, Korea Selatan.

PT Festival Citra Lestari tengah mengawali langkah mereka dalam pembuatan dan bisnis distribusi konten, serta bisnis over-the-top media services (OTT) sebagai perusahaan hasil dari investasi grup Sinarmas, perusahaan terbesar ke-4 di Indonesia.

Semenara itu, Running Man Indonesia diharapkan dapat ditayangkan melalui stasiun televisi atau layanan OTT Indonesia pada pertengahan tahun 2020.

Setelah kekuatan konten Running Man meningkat di Asia Tenggara berkat Running Man Vietnam yang tayang pada April lalu, kali ini Running Man Indonesia akan diproduksi ulang dan diprediksi akan menjadi batu loncatan untuk semakin menyebarkan kepopuleran Running Man di Asia Tenggara.

Khususnya, Indonesia dengan jumlah populasi masyarakat terbanyak di Asia Tenggara (sekitar 270 juta orang) diprediksi memiliki peran besar dalam penyebaran Korean Wave.

“Dengan Running Man Indonesia, kami mengharapkan dapat memberikan pengaruh besar kepada pasar melalui upaya baru untuk menggabungkan penyiaran dan OTT di Indonesia yang penggunaan OTT-nya sedang berkembang pesat,” ujar Jimmy Kim, CEO Genflix, merek layanan siaran milik FCL, seperti dikutip Soompi.

Di sisi lain, SBS juga berencana akan memasuki dunia bisnis konten commerce melalui kerja sama dengan perusahaan e-commerce asal Indonesia, Tokopedia.

Sementara itu, tidak hanya Running Man yang akan diproduksi ulang di Indonesia. Saat ini, MNC TV juga sedang dalam proses diskusi untuk penayangan acara musik Fantasic Duo di pertengahan pertama tahun 2020. Kemudian, stasiun TV SCTV juga akan melakukan produksi ulang acara Good Friends dan juga dijadwalkan tayang pada tahun 2020.

Running Man sendiri merupakan program hiburan Korea milik saluran SBS. Running Man pertama mengudara pada 11 Juli 2010 dan kini masih berjalan. Telah berlayar hampir satu dekade, Running Man yang tayang di SBS setiap hari Minggu pukul 04.50 p.m KST, atau pukul 12.50 WIB tersebut kini telah memasuki episode ke-482.


Baca juga artikel terkait RUNNING MAN atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight