Suzuki AFF Cup 2020

Profil Timnas Singapura di Piala AFF 2021, Daftar Pemain, Jadwal

Kontributor: Wan Faizal - 1 Des 2021 14:35 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Profil, jadwal, dan daftar pemain skuad Timnas Singapura di Piala AFF Cup 2020 yang akan digelar mulai 6 Desember 2021.
tirto.id - Profil Timnas Singapura di Piala AFF 2021 masih berkekuatan para pemain andalan pilihan pelatih Tatsuma Yoshida. Hariss Harun masih akan menjadi andalan bagi Singapura, yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah, bersama Ikhsan Fandi di turnamen Suzuki AFF Cup 2020 yang bakal digelar mulai 5 Desember 2021 nanti.

Singapura tentu berambisi memperbaiki performa mereka di ajang Piala AFF ini. Singapura memang menjadi salah satu negara dengan kolektor gelar juara terbanyak, yakni dengan total 4 gelar yang diraih tahun 1998, 2004, 2007, dan 2012. Jumlah itu hanya kalah dari Thailand yang mengoleksi 5 trofi.

Sejak terakhir kali juara tahun 2012 lalu, prestasi Singapura menurun drastis. Di 3 edisi setelahnya, The Lions selalu terhenti di fase grup. Tahun 2016 menjadi yang terburuk karena Singapura menjadi juru kunci dengan 1 poin di bawah Thailand (9 poin), Indonesia (4 poin), dan Filipina (2 poin).

Profil Timnas Singapura di Piala AFF 2021

Untuk memperbaiki tren, pelatih Tatsuma Yoshida melakukan seleksi ketat terhadap para pemain yang ia panggil. Hal itu terlihat saat pelatih Singapura asal Jepang itu enggan memanfaatkan sisa tempat untuk 2 pemain di timnya. Meski diperbolehkan membawa 30 pemain, namun Yoshida memutuskan hanya 28 pemain yang dipanggilnya.

Kriteria pemain yang mendapatkan panggilan pun tak hanya soal skill individu, kondisi fisik, dan pemahaman akan strategi. Sikap, perilaku, dan karakter pemain juga menjadi aspek yang ditinjau oleh Yoshida.

"Sejak memilih skuad awal, saya bisa melihat bagaimana kebiasaan, sikap, karakter, dan kondisi fisik setiap pemain. Selama turnamen yang berlangsung lama, para pemain dituntut untuk bisa bekerja sama dengan baik. Mereka yang ada disini menurut saya sangat pantas membela tim nasional," ucap Yoshida.

Dari 28 pemain yang dipanggil Yoshida, total terdapat 5 pemain yang bermain di luar Liga Singapura. Empat di antaranya masih mengadu nasib di kawasan Asia Tenggara yakni Irfan Fandi (BG Pathum United), Shakir Hamzah (Penang), Safuwan Baharudin (Selangor), dan Anumanthan Kumar (Kedah Darul Aman). Sedangkan Ikhsan Fandi tercatat sebagai pemain FK Jerv di Liga Norwegia.

Ada juga sejumlah pemain yang baru pertama kali membela Timnas Singapura di Piala AFF. Mereka adalah Zharfan Rohaizad, Nur Adam Abdullah, Iqram Rifqi, Tajeli Salamat, Saifullah Akbar, Hami Syahin, Song Ui Young, Amy Recha, Ilhan Fandi, Hafiz Nor, dan Shawal Anuar.

Secara persiapan, Singapura tak terlalu baik. Dalam laga uji coba di jeda internasional November lalu, skuad asuhan Yoshida kalah 2 kali atas Kirgistan dan Maroko. Skor 1-2 terjadi melawan Kirgistan sedangkan saat menghadapi Maroko, Singapura menyerah 1-7.

Namun demikian, Singapura tetap memandang hal tersebut dengan positif. Apalagi Singapura sebenarnya tak perlu banyak motivasi. Fakta bahwa mereka menjadi tuan rumah harusnya sudah cukup untuk membuat Singapura bermain maksimal di setiap laga.

"Para pemain menyadari bahwa ini menjadi kesempatan bagus ketika mendapatkan peluang bermain lagi di hadapan pendukung sendiri. Saya yakin mereka akan menunjukkan kemampuan maksimal di setiap laga. Kami tentu menaruh hormat pada setiap lawan, tapi kami sudah siap dengan tantangan ini," tambah Yoshida.


Ulasan Prediksi Timnas Singapura di Piala AFF 2021

Laga pertama tuan rumah akan menghadapi Myanmar pada akhir pekan ini di National Stadium. Tak hanya laga melawan Myanmar saja yang digelar di sana karena Singapura dijadwalkan untuk selalu bermain di stadion terbaik mereka itu.

Melawan Myanmar, Singapura unggul secara head to head. Total ada 17 kemenangan yang diraih Singapura berbanding 15 kemenangan untuk Myanmar dengan 7 laga lain berakhir imbang. Namun pasukan singa harus waspada karena pada perjumpaan terakhir keduanya, Myanmar keluar sebagai pemenang dengan skor 1-2.

Setelahnya secara berurutan, Filipina, Timor Leste, dan Thailand akan menjadi lawan sang tuan rumah. Dari ketiganya, hanya melawan Thailand saja Singapura masih inferior dalam catatan pertemuan, yakni dengan hasil 13 kemenangan, 14 imbang, dan 33 kali kalah.

Sedangkan melawan Filipina, Singapura cukup superior dengan catatan 14 menang, 4 imbang, dan 4 seri. Kontra Timor Leste, Singapura memenangi satu-satunya pertemuan yang terjadi tahun 2018 lalu dengan skor telak 6-1.

"Kami sudah tak sabar menantikan turnamen ini dimulai. Kami tahu bahwa semua mata akan tertuju pada kami dan akan ada harapan besar di pundak kami. Harapannya, kami bisa kembali memberi kesenangan pada Singapura," kata kapten tim, Hariss Harun.


Daftar Pemain Singapura di Piala AFF 2021

Kiper: Izwan Mahbud (Hougang United), Syazwan Buhari (Tampines Rovers), Hassan Sunny (Lion City Sailors), Zharfan Rohaizad (Tanjong Pagar United)

Bek: Irfan Fandi (BG Pathum United), Shakir Hamzah (Penang), Nazrul Nazari (Hougang United), Amirul Adli (Lion City Sailors), Safuwan Baharudin (Selangor), Zulqarnaen Suzliman (Lion City Sailors), Nur Adam Abdullah (Lion City Sailors), Tajeli Salamat (Lion City Sailors), Iqram Rifqi (Lion City Sailors)

Gelandang: Hariss Harun (Lion City Sailors), Anumanthan Kumar (Kedah Darul Aman), Adam Swandi (Sarawak United), Zulfahmi Arifin (Sukhothai), Shahdan Sulaiman (Lion City Sailors), Hami Syahin (Lion City Sailors), Song Ui Young (Lion City Sailors), Saifullah Akbar (Lion City Sailors)

Striker: Ikhsan Fandi (Jerv), Faris Ramli (Lion City Sailors), Shawal Anuar (Hougang United), Gabriel Quak (Lion City Sailors), Amy Recha (Geylang International), Ilhan Fandi (Young Lions), Hafiz Nor (Lion City Sailors)

Pelatih: Tatsuma Yoshida

Jadwal Singapura di Piala AFF 2021

GRUP A

Minggu (05/12), 16.30 WIB: Singapura vs Myanmar
Rabu (08/12), 19.00 WIB: Filipina vs Singapura
Selasa (14/12), 19.00 WIB: Singapura vs Timor Leste
Sabtu (18/12), 19.30 WIB: Thailand vs Singapura

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight