Profil Superhero DC Wonder Woman dan Riwayatnya di Layar Film

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 17 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Wonder Woman sejatinya adalah putri Amazon, anak Ratu Hippolyta yang bernama Diana Prince.
tirto.id - Barangkali penggemar superhero dari DC Comics akan setuju jika Wonder Woman dinobatkan jadi pahlawan super tercantik. Selain cantik, memiliki postur tinggi badan sekitar 183 cm dengan berat 59 kg, ia juga kuat dan memiliki kemampuan mengalahkan lawan yang tidak diragukan.

Terlahir dengan nama Diana Prince, Wonder Woman sejatinya merupakan putri Amazon. Sebagai anak Ratu Hippolyta, sang penguasa Amazon, ia sempat hidup di lokasi tersembunyi, yakni Pulau Themyscira.

Kekuatan Wonder Woman cukup beragam. Kemampuan fisik melebihi manusia biasa, kuat, hingga keterampilan bertempur dengan strategi perang cerdas melengkapi profil karakter fiksi ini. Ia pun mempunyai kemampuan penyembuhan cepat saat terluka dan bekal aneka senjata.

Dalam semesta DC Comics, Wonder Woman dikenal memiliki beragam jenis senjata, seperti laso kebenaran, golden tiara, tameng Amazone, pedang Hephaestus, dan lain sebagainya.


Di sisi lain, Wonder Woman mengemban tugas penting. Diana menjadi utusan Themyscira untuk dunia manusia. Dia berkewajiban memberikan keteladanan, meski budaya antara tempat asalnya dan lokasi kehidupan manusia pada umumnya saling berlawanan. Kehadiranya di tengah manusia pun diharapkan menurunkan potensi peperangan dan kebencian.

Meski saat melihat ketidakadilan terjadi Wonder Woman akan berada di garda depan, ia memiliki tugas untuk mempromosikan perdamaian di dunia.

Wonder Woman di Layar Sinema

Apresiasi yang positif dari kehadiran Wonder Woman salah satunya diwujudkan dalam pembuatan film layar lebar. Namanya kini setara karakter Batman dan Superman yang telah lama dibuatkan cerita film tersendiri.

Salah satu karya sinema yang murni berfokus pada kisah karakter superhero ini ialah film Wonder Women yang dirilis pada 2 Juni 2017.

Film ini berkisah tentang awal mula Diana Prince bermetamorfosis menjadi Wonder Woman. Dia dulunya putri kerajaan Amazon biasa dan bukan petarung.

Diana lalu tertarik untuk menjadi prajurit, meski ibunya, Ratu Hipplyta melarang. Atas bujukan Jenderal Antiope yang melatih para prajurit, sang Ratu kemudian menyetujui agar Diana juga ikut dilatih. Setelah melalui penggemblengan, Diana diberikan kepercayaan untuk membawa pedang sakti Amazon.


Dari situlah Diana sebagai Wonder Woman memulai petualangannya bersama Steve Trevor, yang sempat memasuki Pulau Themyscira. Mereka bekerja sama untuk menumpas musuh yang diyakini jelmaan dewa perang Ares.

Wonder Woman (2017) dibintangi oleh Gal Gadot (Wonder Woman) dan Steve Trevor (Chris Pine). Film yang disutradarai Patty Jenskins ini mendapatkan rangking 7,4 di IMDb. Jumlah pendapatan dari penayangan film tersebut mencapai 412,7 juta dolar AS.

Selanjutnya, Gal Gadot kembali membintangi film Wonder Woman kedua yang tayang perdana 16 Desember 2020. Judulnya Wonder Woman 1984. Film ini mengisahkan kehidupan Diana, setelah 70 tahun dari kisah di film pertama.

Dalam Wonder Woman 1984, muncul dua musuh baru yang dihadapi Diana, yaitu Barbara Ann Minerva (Cheetah) dan Maxwell Lord. Maxwell memiliki senjata kuat yang dibuat dari sebuah batu misterius. Sementara Cheetah adalah orang yang haus kekuasaan dan melakukan pengkhianatan pada Diana.

Wonder Woman 1984 masih disutradari Patty Jenskins. Pemerannya antara lain Gal Gadot, Chris Pine, Kristen Wiig, dan Pedro Pascal.


Baca juga artikel terkait FILM SUPERHERO atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight