Ilmu Geografi

Profil Provinsi Jawa Timur: Sejarah, Geografi & Peta

Kontributor: Mohamad Ichsanudin Adnan, tirto.id - 1 Des 2022 13:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Profil Provinsi Jawa Timur, letak geografis Jawa Timur dan Peta Jawa Timur.
tirto.id - Jawa Timur merupakan wilayah provinsi yang terletak di bagian timur Pulau Jawa, dengan kota Surabaya sebagai Ibu kotanya.

Jawa timur sendiri dikenal sebagai pusat industri dan keuangan di kawasan tengah Indonesia dan timur pulau Jawa, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.

Sejarah Jawa Timur


Patung Surabaya
Patung raksasa 'Suro' (hiu) dan 'Boyo' (buaya) setinggi 25,6 meter di Taman Suroboyo yang berlokasi di kawasan pesisir utara Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jatim, Minggu (9/7/2019). Antara/Abdul Hakim


Menurut sejarah, seperti dikutip laman resmi Bakorwil Provinsi Jatim, Jawa Timur muncul dengan nama Bang Wetan dengan wilayah yang meliputi seluruh pesisir wetan (pesisir timur) dan Mancanegara Wetan (Pedalaman Jawa Timur).

Setelah huru-hara etnis China di Kartasura pada tahun 1742, pasukan kompeni menguasai seluruh wilayah pesisir utara jawa dan Madura. Akibatnya daerah kekuasaan Mataram hanya menyisakan wilayah di pedalaman Jawa.

Ketika berakhirnya perang Diponegoro pada tahun 1830, wilayah Jawa Timur dapat dikuasai sepenuhnya oleh Pemerintahan Hindia Belanda.

Sejak saat itu, Pemerintah Hindia Belanda sejak mulai menerapkan politik imperialisme modern dengan melakukan intensifikasi pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Provinsi Jawa Timur (Provincient van Oost Java) pada tahun 1929, dengan struktur Pemerintahan, wilayah dan birokrasi tidak jauh berbeda seperti yang ada sekarang.

Pada masa kemerdekaan, Pemerintah Republik Indonesia mulai membangun kehidupan kenegaraan.

Maka untuk pertama kalinya, R.M.T. Soerjo yang pada saat itu masih menjabat sebagai Residen Bojonegoro, ditunjuk sebagai Gubernur Jawa Timur yang pertama.

Pelantikannya dilakukan pada tanggal 5 September 1945, dan pada 12 Oktober 1945, Soerjo mulai mengurus pemerintahan Jawa Timur secara resmi.

Atas pertimbangan sejarah tersebut, maka diterbitkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Jadi Jawa Timur dan akan diperingati secara resmi setiap tahun, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur.

Geografi Provinsi Jawa Timur


Dilansir dari website jatim.bpk.id, geografi Provinsi Jawa Timur terletak di antara 11100 Bujur Timur – 11404 Bujur Timur dan 70 12' Lintang Selatan – 8048’ Lintang Selatan, dengan luas wilayah sebesar 47.963 Km yang meliputi dua bagian utama, yakni Jawa Timur daratan dan Kepulauan Madura.

Wilayah daratan Jawa Timur sebesar 88,70% atau 42.541 km2, sementara luas Kepulauan Madura memiliki luas 11,30 % atau sebesar 5.422 km2.

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk di Jawa Timur mencapai 40,87 juta jiwa per tahun 2021.

Administrasi provinsi Jawa Timur terbagi menjadi 29 Kabupaten dan 9 kota, dengan ibu kota provinsinya yang terletak di Kota Surabaya.

Hal tersebut menjadikan Provinsi Jawa Timur sebagai provinsi dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak di Indonesia.

Peta Provinsi Jawa Timur


Untuk peta mengenai Provinsi Jawa Timur sendiri dapat dilihat melalui tautan link berikut ini.


Baca juga artikel terkait PROFIL JAWA TIMUR atau tulisan menarik lainnya Mohamad Ichsanudin Adnan
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Mohamad Ichsanudin Adnan
Penulis: Mohamad Ichsanudin Adnan
Editor: Dhita Koesno

DarkLight