Profil Partai Perlita: Parpol Baru yang Dipimpin Din Syamsudin

Penulis: Alexander Haryanto - 17 Mei 2022 14:18 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah profil Partai Pelita yang dipimpin Din Syamsudin dan Beni Pramula.
tirto.id - Kehadiran Partai Pelita sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Parpol itu sudah dideklarasikan oleh Din Syamsuddin--mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah--di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat sejak Senin, 28 Februari 2022 lalu.

Baru-baru ini, atau Senin, 16 Mei 2022, Partai pelita juga menggelar acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

Dalam acara tersebut, Din Syamsuddin yang menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Partai Pelita juga melantik dan mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Pelita untuk periode 2022-2027.

Din Syamsuddin mengatakan, saat ini Partai Pelita masih berfokus pada verifikasi administrasi dan faktual untuk menjadi partai politik peserta Pemilu 2024.

"Fokus kami saat ini adalah verifikasi administrasi dan faktual sebagai peserta Pemilu 2024 oleh KPU. Setelah dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu, boleh nanti kami berpikir lain, termasuk persoalan koalisi," kata Din seperti dikutip Antara News.

Rakornas Partai Pelita
Suasana Seminar Politik Partai Pelita bertajuk 'Membangun Budaya Politik yang Beradab untuk Indonesia Maju Berdaulat' di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Senin (16/5/2022). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.


Profil Partai Pelita

Partai Pelita adalah partai politik yang dideklarasikan pertama kali pada Senin, 28 Februari 2022 di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat dan sudah mengantongi Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM.

Jabatan ketua umum partai dipegang Beni Pramula, dia mantan ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Terkait dengan rekam jejaknya, pria kelahiran Pramubulih, 12 September 1988 ini dikenal sebagai aktivis

Beni juga pernah memegang sejumlah jabatan di antaranya ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah periode 2014-2016 dan Presiden Pemuda Asia-Afrika periode 2015-2020.

Jabatan sekretaris jenderal Partai Pelita ditugaskan kepada Tantan Taufiq Lubis. Terkait dengan rekam jejaknya, Tantan adalah ketua Forum Pemuda Kerjasama Islam atau Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF) sekaligus Pendiri Pemuda OKI Indonesia. Saat ini, Tantan menjabat Vice Presiden Pemuda Islam untuk tingkat dunia.

Dalam pidatonya, Ketua Umum DPP Partai Pelita Beni Pramula mengatakan, partainya sedang memaksimalkan upaya rekrutmen kader partai dan pemilih.

"Rakernas ini momentum mempertebal kepercayaan diri di daerah untuk melaksanakan rekrutmen pemilih dan kader dari seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan verifikasi faktual dan administrasi Partai Pelita sebagai peserta Pemilu 2024," kata dia.


Baca juga artikel terkait PARTAI PELITA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight