Profil Pak Ogah, Nama Asli, dan Penyebab Ia Meninggal Dunia

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 29 Des 2022 09:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Nama asli Pak Ogah, profil, dan riwayat penyakitnya hingga meninggal dunia.
tirto.id - Nama asli Pak Ogah adalah Abdul Hamid. Pengisi suara legendaris ini meninggal dunia pada Rabu (28/12/2022) pukul 19.30 WIB.

Tokoh Pak Ogah muncul dalam serial anak-anak Si Unyil. Artis Melanie Subono turut mengungkapkan rasa dukanya kepada mendiang Abdul Hamid yang sudah mengisi suara Pak Ogah selama beberapa dekade tersebut.

“Selamat jalan Pak Ogah. Baru beberapa hari lalu tim kami pun kunjungan bulanan menyampaikan donasi kalian. Sekarang sudah enggak sakit lagi ya, pak. Semoga keluarga yang ditinggalkan dikuatkan,” kata Melanie dalam akun Instagram-nya.


Penyebab Pak Ogah Meninggal Dunia

Abdul Hamid telah berjuang melawan sakit penyumbatan di otak dan kesulitan dalam berkomunikasi. Ia sempat dirujuk ke rumah sakit namun lebih memilih pulang karena alasan biaya.

Kesehatannya pun dilaporkan terus menurun selama beberapa waktu terakhir. Ia beberapa kali harus masuk lagi ke rumah sakit dan menjalani perawatan.

Istri Pak Ogah, Yuyun Widayanti mengatakan, suaminya telah berjuang melawan komplikasi selama 4 tahun. Sebelum meninggal, Pak Ogah sempat dirawat 18 hari, dan semakin memburuk kondisinya ketika pulang ke rumah.

Rencananya Pak Ogah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatisari, Kota Bekasi, pada Kamis siang (29/12/2022).


Profil Pak Ogah

Pak Ogah merupakan salah satu karakter yang ada di dalam serial legendaris, Si Unyil. Abdul Hamid menjadi pengisi suara Pak Ogah sejak Si Unyil pertama kali rilis.

Abdul Hamid lahir pada tanggal 3 Desember 1948. Nama Abdul Hamid mulai dikenal sejak ia tampil sebagai pengisi suara di Si Unyil.

Dalam series Si Unyil, Pak Ogah tak punya pekerjaan, ia pemalas, dan sering mondar mandir di kampung Unyil. Pak Ogah memiliki kepala plontos dan sering nongkrong di pos ronda.


Selain itu, Pak Ogah juga memiliki slogan yang khas. Ia kerap mengeluarkan pernyataan 'Cepek Dulu Dong!' atau 'Gopek Dulu Dong!'.

Si Unyil adalah pertunjukan wayang boneka katya salah satu alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Serial ini ditayangkan di TVRI sejak 5 April 1981 dan tayang setiap Minggu pagi.


Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight