Profil Lesti Kejora yang Ulang Tahun ke-21: Dikenal lewat D'Academy

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 6 Agu 2020 10:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Biodata Lesti Kejora, penyanyi dangdut yang terkenal lewat D'Academy dan single debut "Kejora".
tirto.id - Nama Lesti Kejora tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, terutama bagi para pencinta musik dangdut. Perempuan bernama lengkap Lesti Andryani ini lahir di Cianjur pada 5 Agustus 1999. Ia baru saja berulang tahun ke-21.

Lesti sempat viral beberapa waktu lalu karena unggahan vlog-nya ketika datang ke pernikahan Rizky D'Academy, mantan kekasihnya. Menurut pengamatan Tirto, hingga Kamis (6/8/2020), vlog Lesti tersebut sudah ditonton lebih dari 14 juta orang.

Kemudian, nama Lesti kembali melejit setelah ia kerap mengunggah video dengan Rizky Billar, seorang aktor yang kerap membintangi sinetron Indonesia. Rizky Billar juga sempat viral saat muncul berita pernikahan Rey Mbayang dan Dinda Hauw.

Biodata Lesti Kejora


Lesti mulai dikenal setelah menjadi juara ajang pencarian bakat D'Academy musim pertama yang ditayangkan di Indosiar.

Lesti dikenal memiliki cengkok vokal yang khas dan suara yang menggelegar dalam setiap penampilannya.

Setelah meraih piala D'Academy, Lesti mengeluarkan debut single "Kejora" yang diciptakan oleh Nur Bayan dan dirilis pada tahun 2014 sebagai lagu kemenangannya di ajang pencarian bakat tersebut.

Dari lagu "Kejora" itu, nama Lesti kemudian lebih tenar sebagai Lesti Kejora.

Lesti kemudian melakukan kontrak dengan label rekaman Trinity Optima Production dan management Stream Entertainment.

Kariernya makin melejit di dunia tarik suara. Pada akhir 2015, ia dipilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia di ajang pencarian bakat D'Academy Asia dan keluar sebagai juara kedua.

Lesti juga sempat membintangi beberapa judul film televisi (FTV), seperti Anak Tukang Sapu Jadi Dokter (2015), Munajat Cinta Sang Gadis Desa (2015), dan Kekuatan Doa Seorang Biduan (2016).

Pada 19 Februari 2016, Lesti mengeluarkan single kedua berjudul "Zapin Melayu" yang diciptakan oleh Pak Ngah salah satu juri ajang pencarian bakat D'Academy Asia asal Malaysia.

Single yang ia nyanyikan bersama Fildan Rahayu, "Lebih dari Selamanya", mendapat penghargaan di Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2019 untuk kategori Duo/Grup/Kolaborasi Dangdut/Dangdut Kontemporer Terbaik.

Sebelumnya, Lesti juga memenangkan AMI Awards 2017 sebagai Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik lewat single-nya berjudul "Egois".

Sebagai penyanyi, Lesti kerap terlibat dalam proyek dan aksi kemanusiaan. Yang terbaru, ia terlibat dalam konser ama #KonserSatuCara bersama 37 musikus Tanah Air lainnya, termasuk Raisa dan Titi DJ pada April 2020.

Lesti juga ikut menyanyikan lagu tema atau theme song Asian Para Games 2018. Lagu tema Asian Para Games 2018 berjudul “Song of Victory” itu diciptakan oleh Ezra Lilipory dan diaransemen ulang oleh Musika Studio. Lagu tersebut mengangkat tema mengenai penyandang disabilitas.

Lagu itu dinyanyikan oleh banyak penyanyi tanah air, di antaranya Once Mekel, Armand Maulana, Vidi Aldiano, Regina Poetiray, Lesti Kejora, Zara Leola, Putri Ariani dan Maudy Ayunda.


Baca juga artikel terkait LESTI KEJORA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight