Profil Kim Hanbin atau B.I eks iKON: Awal Karier hingga Kontroversi

Oleh: Salma Mahjatina Zahra - 7 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Perjalanan karier B.I eks iKON: memulai di YG Entertainment hingga hengkang karena kasus.
tirto.id - Kim Hanbin atau yang lebih dikenal dengan nama panggung B.I, lahir pada 22 Oktober 1996 di Gyeonggi-do, Korea Selatan. B.I adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, produser musik asal Korea Selatan. Ia adalah mantan leader dan anggota dari boyband iKON.

Perjalanan karier B.I selama berada di musik industri Korea Selatan berawal dari tahun 2009 saat berduet dengan penyanyi MC Mong yang membawakan lagu berjudul Indian Boy.

Hanbin juga menjadi kameo pada music video MC Mong yang berjudul Horror Show. Kemudian, pada tahun 2011, B.I bergabung dengan YG Entertaniment.

WIN: Who is Next (2013)

Acara ini adalah kompetisi survival yang diadakan untuk trainee YG Entertaiment. Tim yang menang pada acara ini akan debut menjadi satu boyband. B.I mengikuti kompetisi ini dan masuk ke dalam Team B dan mengalami kekalahan. Team A kemudian debut dengan nama WINNER.

Show Me the Money (2014)

Bersama dengan Bobby, rekannya dalam Team B, ia mengikuti kompetisi survival show khusus untuk rapper. B.I tereliminasi pada babak ke-6 sedangkan Bobby berhasil menduduki juara 1.

Mix and Match (2014)

Acara survival ini diadakan oleh YG sebagai lanjutan dari WIN: Who is Next. Mix and Match bertujuan untuk mencari 4 member dari boyband debutan baru YG Entertainment yang bernama iKON.

B.I, Bobby, dan Jinhwan adalah member yang sudah pasti masuk ke dalam iKON tanpa harus melewati proses survival lagi. Acara ini akhirnya berhasil mendebutkan iKON dengan 7 member yaitu B.I, Bobby, Chanwoo, Donghyuk, Jinhwan, Junhoe, dan Yunhyeong.

iKON (2015-2019)

B.I memulai karier di iKON pada Desember 2015 dengan album debut berjudul Welcome Back. B.I dan Bobby berkontribusi sepenuhnya dalam menulis lirik dan memproduseri album tersebut. Sejak saat itu, B.I menghandle lirik dan musik pada setiap album iKON.

Dikutip dari Genius, B.I juga ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagu artis YG Ent yang lain seperti WINNER, BlackPink, PSY, Lee Hi, Epik High, dan Seungri.

Bersama dengan iKON, B.I memenangkan banyak award seperti Asia Artist Award (2018); Gaon Chart Music Award (2016&2019); Genie Music Award (2018); Golden Disk Award (2016&2019), dan masih banyak lagi.

Single hits iKON yang berjudul Love Scenario (2018) yang ditulis dan produseri oleh B.I telah dilihat lebih dari 400 juta kali di kanal Youtube iKON. Love Scenario juga mengantarkan B.I mendapatkan award Songwriter of the Year pada 10th Melon Music Award.

Kontroversi Narkoba dan Pengunduran Diri

Pada Juni 2019, B.I memutuskan kontrak ekslusifnya dengan YG Ent. setelah diisukan menggunakan narkoba pada tahun 2016.

Ia juga memutuskan untuk hengkang dari iKON. Keputusannya itu kemudian membuat fans menandatangani petisi agar B.I tak keluar dari iKON. Petisi tersebut telah ditanda tangani lebih dari 575.000 kali seperti yang dilansir Forbes.

IOK Company

Pada 28 September 2020, B.I ditunjuk oleh IOK Company sebagai direktur eksekutif. Meskipun jabatan tersebut sempat ditolak oleh B.I, akhirnya ia menerima tawaran tersebut setelah beberapa kali diminta.

Dilansir Soompi, penunjukan B.I sebagai direktur eksekutif merupakan salah satu cara IOK Company untuk memberikan kesempatan lagi kepada artis muda dan berbakat seperti B.I.

IOK Company juga akan terus mendukung dan mengembangkan bakat B.I agar ia dapat bekerja kembali sebagai penyanyi.



Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Salma Mahjatina Zahra
(tirto.id - )

Kontributor: Salma Mahjatina Zahra
Penulis: Salma Mahjatina Zahra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight