Profil Irene Red Velvet yang Ulang Tahun Hari Ini: Debut pada 2014

Oleh: Maria Ulfa - 29 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Irene yang memiliki nama asli Bae Joo Hyun ini adalah leader dan lead vocalist dari grup Red Velvet.
tirto.id - Irene Red Velvet merayakan ulang tahunnya yang ke-29 tahun (usia internasional) pada hari ini, Minggu (29/3/2020). Untuk merayakannya, para penggemar Red Velvet juga ikut memberikan dukungan kepada Irene dengan membuat tagar #TheOnlyIRENEDAY di Twitter.

Irene yang memiliki nama asli Bae Joo Hyun ini adalah leader dan lead vocalist dari grup Red Velvet. Irene lahir di Daegu pada 29 Maret 1991. Pada usia 18 tahun, Irene menjadi trainee di SM Entertaiment, dan ia menjalani trainee selama 5 tahun, demikian seperti dikutip South China Morning Post.

Irene Debut Bersama Red Velvet


Irene membangun karier dengan menjadi salah satu anggota dari grup besutan SM Entertainment, Red Velvet yang melangsungkan debut pada 2014 lalu. Red Velvet menjadi girl group pertama yang dibentuk SM setelah 5 tahun, yakni setelah f(x) debut pada 2009 lalu.

Irene yang juga memiliki posisi sebagai visual dalam grup ini debut dengan Red Velvet lewat lagu “Happiness”. Setelah itu, di tahun yang sama, Irene juga muncul dalam music video (MV) milik Kyuhyun Super Junior berjudul “At Gwanghwamun”.

Sementara, pada 2013, Irene yang masih menjadi trainee juga sempat muncul dalam MV milik Henry Lau yang berjudul “1-4-3 (I Love You)".

Red Velvet sendiri tumbuh menjadi grup yang sukses. Time Magazine menyebut Red Velvet sebagai salah satu grup KPop yang harus diketahui karena musik beragam yang mereka bawakan.

Red Velvet juga menjadi girl gorup KPop pertama yang tampil di Korea Utara, yang mana, Red Velvet tampil dalam acara konser di Pyonyang pada April 2018.

Selain sukses bersama Red Velvet, Irene juga berhasil membangun karier dengan namanya sendiri. Pada tahun 2019, Irene pernah menjadi ‘wajah’ untuk minuman alkohol Chamisul Soju yang diperoduksi oleh perusahaan HiteJinro.

HiteJinro merupakan perusahaan minuman keras di Korea Selatan yang dikenal selalu bekerja sama dengan artis-artis papan atas untuk mengiklankan produk mereka.

HiteJinro sendiri merilis dua tema iklan, dengan durasi masing-masing 15 dan 30 detik. Iklan tersebut berhasil menarik perhatian publik, dibuktikan dalam durasi 16 jam, iklan yang pertama kali diunggah di akun YouTube itu berhasil meraih 1 juta penonton.

Selain itu, Irene juga pernah menjadi pembawa acara untuk program musik mingguan Korea, Music Bank yang tayang di KBS pada 2015 hingga 2016 bersama aktor Park Bo Gum.

Tak hanya menjadi pembawa acara Music Bank di Korea, Irene juga mengambil bagian dalam sejumlah tur konser dunia Music Bank tahun 2017 yang diselenggarakan di Singapura dan Indonesia. Kemudian, pada 2018, Irene juga tampil dalam SBS Super Concert 2018 di Taiwan.

Irene Debut Akting Lewat Web Drama


Setelah menjalani karier menyanyi selama dua tahun, Irene akhirnya terjun ke dunia akting lewat web drama berjudul Game Development Girls. Irene berperan sebagai Ah Reum, seorang programmer gim dengan spesialisasi coding.

Drama tersebut diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama dan menceritakan kisah tentang kehidupan dan cinta dari karakter Ah Reum. Drama tersebut berhasil ditonton sebanyak 2 juta kali pada bulan pertamanya sejak dirilis.

Selain itu, Irene dan personel Red Velvet lainnya juga pernah muncul dalam drama populer Descendant of the Sun pada 2016 lalu sebagai kameo.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight