Profil di Wikipedia Diubah Jadi 'Arteria Bacot': Enggak Apa-apa

Oleh: Bayu Septianto - 10 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Arteria juga mengaku legawa menjadi bahan cercaan di media sosial.
tirto.id - Politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan tak mempermasalahkan profil dirinya di laman Wikipedia sempat disunting seseorang usai berdebat dengan ekonom senior Emil Salim dalam acara Mata Najwa, Rabu (9/10/2019) malam. Arteria disebut sebagai orang yang banyak omong atau "bacot".

Gelar pendidikan Arteria yang seharusnya ST.,SH.,MH juga ikut disunting.

"Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H.B.A.C.O.T adalah seorang tukang bacot pengacara dan politisi yang gila hormat di Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.Yak pokoknya buat keluarga beliau.. SABAR aja ya.. Gua yang bukan siapa-siapa aja malu apalagi kalian.. Sabar ya...," demikian profil Arteria Dahlan dalam laman Wikipedia.

Tak hanya bagian itu saja, seseorang juga mengubah tanggal lahir Arteria yang seharusnya 7 Juli 1975 menjadi 20 Juli 2009. Bahkan, Arteria disebut telah meninggal dunia dalam acara Mata Najwa di Jakarta.

Saat ini, profil Arteria di Wikipedia sudah kembali berubah seperti semula. Belum diketahui juga siapa yang mengubah profil tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Arteria tak mau ambil pusing. Ia juga legawa menjadi bahan cercaan di media sosial.

"Enggak apa-apa, saya mewakafkan diri saya untuk menyatakan yang benar walau terkesan tidak populer sekalipun," kata Arteria kepada reporter Tirto, Kamis (10/10/2019).

Bagi Arteria, penyampaian pendapat meski berbeda sikap dan pandangan sangat wajar dilakukan dalam iklim demokrasi seperti saat ini.

"Enggak apa-apa, ini di iklim demokrasi ya, di iklim demokrasi kan orang boleh ngomong apa aja, berpendapatlah apa aja," ujarnya.

Mantan anggota Komisi III DPR RI itu mengklaim telah mengetahui siapa yang menjadi buzzer yang menyerangnya saat ini, namun ia tak mau mengungkapnya.

"Siapa yang main kan saya tahu buzzer-nya cuma orangnya cuma itu-itu doang kok dan siapa pihaknya saya juga tahu. Nggak penting, kita yang penting itu adalah rakyat kok," kata Arteria.

Arteria Dahlan menjadi perbincangan warganet gara-gara penampilannya dalam diskusi di program Mata Najwa. Arteria dinilai tidak sopan karena berkali-kali memotong paparan lawan bicara serta menunjuk-nunjuk guru besar Universitas Indonesia, Emil Salim.

Arteria kerap menyela pembicaraan, termasuk saat Emil Salim berbicara. Bahkan Arteria dengan emosional menyebut Emil adalah profesor sesat.


Baca juga artikel terkait ARTERIA DAHLAN atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight