Profil dan Perjalanan Karier Rishi Kapoor, Aktor Kawakan Bollywood

Oleh: Sirojul Khafid - 30 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Rishi Kapoor telah membintangi lebih dari 100 judul film, meraih 18 penghargaan, dan 22 nominasi.
tirto.id - Rishi Kapoor, salah satu aktor populer asal India meninggal dunia pada usia 67 tahun. Dilansir dari Variety, Kapoor meninggal pada hari Kamis (30/4/2020) pagi.

Sebelum meninggal, Kapoor sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit di Mumbai sejak hari Rabu (29/4/2020).

"Dia menderita kanker dan dia memiliki beberapa masalah pernapasan, jadi dia telah dirawat di rumah sakit," kata Randhir yang merupakan saudara Kapoor.

Perjalanan Karier Rishi Kapoor

Rishi Kapoor lahir dan besar di Mumbai. Dia berasal dari keluarga yang berkegiatan di dunia akting. Kapoor merupakan anak aktor dan sutradara legendaris Raj Kapoor.

Rishi Kapoor juga merupakan cucu pemain teater ikonik dan bintang film, Prithviraj. Kakaknya Rajiv dan Randhir serta pamannya Shashi dan Shammi juga merupakan aktor.

Pria kelahiran 4 September 1952 itu memulai debut sebagai cameo di film ayahnya, Shree 420 (1955). Dilansir dari IMDb, dia kemudian dikenal sebagai aktor cilik di film Mera Naam Joker (1970).

Saat telah beranjak dewasa, Rishi Kapoor menerima peran utama dalam film Bobby (1973). Kala itu, film tersebut cukup sukses dan hits di kalangan anak muda.


Dalam film romantis, seringkali ada pasangan yang sering beradu akting bersama. Begitu pun dengan Kapoor, dia sering beradu akting dengan Neetu Singh di rentang tahun 1974-1981. Kapoor dan Singh kemudian menjadi pasangan di dunia nyata melalui sebuah pernikahan.

Beberapa film Kapoor dan Singh sebagai pasangan yang cukup sukses di antaranya Khel Khel Mein, Kabhie Kabhie, Amar Akbar Anthony, Pati Patni Aur Woh, dan Duniya Meri Jeb Mein. Salah satu yang paling populer yaitu Rafoo Chakkar.

Selama rentang tahun 1974-1997, Kapoor mendapat peran utama dalam 51 film. Sebelas di antaranya sukses seperti Bobby, Laila Majnu, Rafoo Chakkar, Sargam, Karz, Prem Rog, Nagina, Honeymoon, Banjaran, Heena dan Bol Radha Bol. Film terakhir Kapoor sebagai pemeran utama berada dalam Karobaar: The Business of Love (2000).

Selain pemeran utama, Kapoor juga sering terlibat sebagai pemeran pembantu. Dalam rentang tahun 1976-2000, dia membintangi 41 sebagai pemeran pembantu.

Sejumlah 25 film di antaranya sukses di pasaran. Kapoor memang sering menjadi aktor pendukung, terutama di film-film romantis.


Dilansir dari Rotten Tomatoes, pada tahun 1999 Kapoor menjadi sutradara film Aa Ab Laut Chalen. Pada tahun 2012, Kapoor muncul dalam peran jahat di Agneepath. Dia juga memerankan peran jahat di film Housefull 2, film pertama Kapoor beradu akting dengan saudara Randhir.

Penampilan terakhir Kapoor berada di film The Body (2019), sebuah remake dari film Spanyol dengan judul yang sama karya Oriol Paulo. Saat ini, Kapoor sedang berada dalam proses produksi film The Intern.

Selama kariernya, Kapoor telah membintangi lebih dari 100 film. Dia juga meraih 18 penghargaan dan 22 nominasi. Beberapa penghargaan yang dia raih melalui film Love Aaj Kal (2009) di ajang Apsara Award tahun 2010. Kapoor memenangkan penghargaan dalam kategori Best Actor In A Supporting Role.

Dalam ajang Popular Award 2014, dia juga menjadi Best Performance in a Negative Role melalui film Aurangzeb (2013).

Sementara pada tahun 2013, melalui film Agneepath (2012), Kapoor memenangkan penghargaan dalam kategori Best Performance by an Actor in a Negative Role.

Selamat jalan, Rishi Kapoor.


Baca juga artikel terkait RISHI KAPOOR atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Ibnu Azis
DarkLight