Profil dan Pencapaian TREASURE yang Rayakan Anniversary 7 Agustus

Oleh: Maria Ulfa - 7 Agustus 2021
Dibaca Normal 2 menit
TREASURE merayakan anniversary grup pertama mereka pada hari ini, 7 Agustus 2021.
tirto.id - TREASURE merayakan anniversary grup pertama mereka pada hari ini, 7 Agustus 2021, yaitu tepat setahun sejak mereka melangsungkan debut dengan lagu utama “BOY”.

Untuk memperingati anniversary tersebut, TREASURE merilis video musik lagu “EVERYDAY” untuk para penggemar. Musik video tersebut dimasukkan di awal episode TREASURE MAP episode 58 yang tayang di YouTube.

Lagu “EVERYDAY” sendiri dimaksudkan untuk berterima kasih kepada penggemar mereka, Treasure Maker (Teume) atas semua cinta dan dukungan mereka.

Profil Grup TREASURE


TREASURE merupakan boy group jebolan program acara survival bentukan YG Entertainment, “YG Treasure Box” yang tayang di JTBC pada 2018 lalu.

Sebelum debut, TREASURE awalnya diberi nama TREASURE 13 dengan 13 anggota, dan terbagi menjadi dua grup unit, yakni TREASURE dan MAGNUM.

Namun, usai Ha Yoon Bin hengkang dari YG, grup ini akhirnya ditetapkan untuk debut dengan satu nama, yakni TREASURE dengan total 12 anggota.

Para anggota TREASURE adalah Choi Hyun Suk, Jihoon, Yoshi, Junkyu, Mashiho, Yoon Jaehyuk, Asahi, Bang Yedam, Doyoung, Haruto, Park Jeong Woo and So Jung Hwan.

TREASURE debut menggunakan konsep Teen Crush. Mereka merilis single album bertajuk The First Step: Chapter One dengan dua lagu. Title track dalam single album tersebut berjudul “BOY” dan lagu lainnya adalah “Come to Me”.

Mereka dijuluki sebagai "Global Super Rookies" pada tahun 2020 dan dianggap sebagai salah satu artis Korea Selatan yang paling sukses secara komersial untuk debut tahun tersebut.

Selain itu, mereka menjadi artis Korea Selatan tercepat yang masuk chart di Billboard's Social 50, dan mendapatkan banyak penghargaan artis pendatang baru tahun 2020, termasuk Rookie Artist of the Year di Golden Disc Awards ke-35 dan Best New Male Artist di ajang Mnet Asian Music Awards 2020.

Pencapaian Grup TREASURE


Saat lagu debut “BOY" dirilis dalam single album The First Step: Chapter One, TREASURE berhasil mengumpulkan lebih dari 170.000 pre-order dalam beberapa hari menjelang perilisan album fisiknya pada 13 Agustus 2020.

Sementara, “BOY" meraih kesuksesan global di Jepang, menduduki puncak platform streaming musik termasuk Line Music, Rakuten dan AWA rising chart, sementara video musik mereka melampaui 10 juta penayangan dalam 26 jam dan 20 juta penayangan dalam 6 hari di YouTube.

TREASURE memulai promosi pada 9 Agustus 2020 melalui penampilan siaran pertama mereka di SBS Inkigayo. Bahkan, The First Step: Chapter One saat itu disertifikasi platinum oleh Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA).

Seri kedua dari The First Step series dirilis pada 18 September 2020 sebagai single album dengan judul The First Step: Chapter Two dan singel utama "I Love You".

Melalui perilisan tersebut, TREASURE memperoleh gelar, "Half a Million Seller" dari akumulasi angka penjualan dari dua single album yang telah dirilis tersebut. Sementara single utama “I Love You” berhasil menduduki puncak tangga lagu bulanan Rakuten Music untuk bulan September.

Kemudian, seri ketiga dari The First Step series akhirnya dirilis pada tanggal 6 November, dengan single album berjudul The First Step: Chapter Three dan lagu utama "Mmm" dan b-side track "Orange".

“Orange” adalah lagu pertama grup yang diproduksi sendiri oleh TREASURE melalui anggota grup mereka, Asahi.

TREASUTE secara kumulatif berhasil menjual sekitar 710.000 eksemplar hanyan dengan tiga single album dalam rentang waktu 3 bulan sejak debut.

Pada tanggal 28 November 2020, grup ini secara resmi memenangkan penghargaan pertama mereka, Rookie of the Year dalam ajang Asia Artist Awards.

Menutup seri The First Step, TREASURE merilis full album pertama mereka, The First Step: Treasure Effect dan singel utamanya "My Treasure" pada 11 Januari 2021.

Album tersebut langsung menduduki puncak tangga album bulanan Gaon untuk bulan Januari. Secara keseluruhan, seri The First Step terjual lebih dari satu juta kopi dan sebagai hasilnya membuat grup tersebut mendapatkan gelar " Million Seller" dalam rentang waktu 5 bulan sejak debutnya.

Sementara, berikut ini adalah sejumlah penghargaan yang berhasil disabet TREASURE sejak debut:

  • New Wave Award di APAN Music Awards 2020
  • Rookie of the Year di Asia Artist Awards 2020
  • Best New Male Artist di Mnet Asian Music Awards 2020
  • Worldwide Fans' Choice di Mnet Asian Music Awards 2020
  • Best Male Rookie Award dalam ajang Brand Customer Loyalty Awards 2021
  • Rookie Artist of the Year di ajang Golden Disc Awards 2021
  • Favourite K-Pop Rookie Group of 2020 di Joox Thailand Music Awards 2021
  • Best Rookie Idol di Korea First Brand Awards 2021
  • Rookie of the Year di ajang Seoul Music Awards 2021


Baca juga artikel terkait TREASURE atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight