Profil 12 Member TREASURE yang Debut 7 Agustus dengan Lagu BOY

Oleh: Maria Ulfa - 7 Agustus 2020
Dibaca Normal 6 menit
Profil 12 anggota TREASURE, boy group baru YG Entertainment yang debut pada 7 Agustus dengan lagu BOY.
tirto.id - YG Entertainment membentuk boy group terbaru, TREASURE yang akan debut hari ini, Jumat (7/8/2020) pukul 16.00 WIB lewat lagu utama “BOY”.

TREASURE merupakan boy group jebolan program acara survival bentukan YG Entertainment, “YG Treasure Box” yang tayang di JTBC pada 2018 lalu.

Sebelum debut, TREASURE awalnya diberi nama TREASURE 13 dengan 13 anggota, dan terbagi menjadi dua grup unit, yakni TREASURE dan MAGNUM.

Namun, usai Ha Yoon Bin hengkang dari YG, grup ini akhirnya ditetapkan untuk debut dengan satu nama, yakni TREASURE dengan total 12 anggota.

TREASURE akan debut menggunakan konsep Teen Crush. Mereka merilis single album bertajuk The First Step: Chapter One dengan dua lagu baru. Title track dalam single album tersebut berjudul “BOY” dan lagu lainnya adalah “Come to Me”.

Berikut ini adalah profil 12 anggota TREASURE.

1. Choi Hyun Suk (Leader)

CHOI HYUN SUK
CHOI HYUN SUK. Instagram/yg_treasure_official


Choi Hyun Suk adalah leader TREASURE yang berusia 21 tahun. Ia lahir pada 21 April 1999 dan menjadi anggota tertua di TREASURE.

Hyun Suk adalah anggota ke-7 yang diperkenalkan sebagai line up debut TREASURE. Selain leader, posisi Hyun Suk di dalam grup adalah seorang rapper dan dancer.

Sebelum YG Treasure Box, Hyun Suk pernah mengikuti program survival bentukan YG lainnya, yakni MIXNINE.

Ia juga berhasil masuk dalam daftar anggota yang debut. Namun, karena sejumlah kendala, grup itu batal debut.

2. Park Ji Hoon (Leader)

JIHOON
JIHOON. Instagram/yg_treasure_official


Mengingat anggota TREASURE dinilai cukup banyak, Park Ji Hoon juga ditunjuk sebagai leader TREASURE bersama Hyun Suk.

Park Ji Hoon adalah salah satu anggota tertua TREASURE, yakni kelahiran 14 Maret 2000, dan kini berusia 20 tahun. Posis Ji Hoon di TREASURE adalah vokalis dan dancer.

Sebelum mengikuti program acara YG Treasure Box, Park Ji Hoon sebenarnya sudah hengkang dari YG Entertainment.

Namun, karena YG berencana membentuk acara tersebut, mereka pun kembali memanggil Ji Hoon untuk berpartisipasi.

Ji Hoon adalah anggota ke-12 yang dimumkan dalam line up debut. Saat itu, Ji Hoon merupakan salah satu anggota yang awalnya masuk line debut di MAGNUM.

3. Yoshi

YOSHI
YOSHI. Instagram/yg_treasure_official


Yoshinori adalah anggota TREASURE yang berasal dari Jepang. Ia lahir pada 15 Mei 2000 dengan nama lengkap Kanemoto Yoshinori.

Posisi Yoshi di grup adalah sebagai rapper. Selain itu, Yoshinori juga mahir dalam melakukan keterampilan beat box.

Sebenarnya, Yoshi tidak begitu menonjol saat acara YG Treasure Box berlangsung. Bahkan, ia kurang mendapat pujian dari produser utama Yang Hyun Suk dibandingkan Haruto dan Mashiho yang juga merupakan trainee dari Jepang.

Selama acara YG Treasure Box, Yoshi juga tidak pernah masuk dalam tim Treasure. Yoshi juga tidak masuk tim final karena tersingkir pada misi “Team Performance”.

Namun, YG Entertainment memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada trainee yang dinilai memiliki potensi walaupun tidak masuk ke babak final.

Yoshi menjadi member pertama yang tidak masuk ke babak final dan dipilih sebagai tim debut YG Treasure Box.

4. Kim Junkyu

JUNKYU
JUNKYU. Instagram/yg_treasure_official


Kim Junkyu menjadi anggota debut yang diumumkan pertama kali oleh YG Entertainment, bersama Haruto, Bang Yedam dan So Jung Hwan, yakni pada episode terakhir program YG Treasure Box.

Saat itu, Kim Junkyu berhasil mendapatkan voting tertinggi untuk posisi vokal dalam misi episode final. Kim Junkyu adalah trainee kelahiran 9 September 2000 dan kini usianya menginjak 19 tahun.

Sama seperti Choi Hyun Suk, Junkyu pernah mengikuti program survival MIXNINE, tetapi ia tidak berhasil masuk dalam line up debut.

Junkyu sendiri disebut-sebut sebagai vokalis yang memiliki suara “Style YG”. Vokalnya dinilai unik seperti sejumlah vokalis grup di bawah naungan YG Entertainment.

5. Mashiho

MASHIHO
MASHIHO. Instagram/yg_treasure_official


Mashiho diperkenalkan sebagai anggota tim J atau tim yang berasal dari Jepang saat acara YG Treasure Box dimulai.

Posisi Mashiho di dalam TREASURE adalah sebagai vokalis dan dancer. Ia memiliki nama lengkap Takata Mashiho dan lahir pada 25 Maret 2001.

Mashiho adalah anggota ke-9 yang diumumkan dalam line up debut, dan saat itu ia masuk dalam grup MAGNUM.

Saat masih menjadi trainee, Mashiho pernah muncul dalam film pendek milik grup duo, AKMU, rekan satu agensinya. Mashiho juga disebut-sebut sebagai trainee pertama YG yang berasal dari Jepang.

6. Yoon Jaehyuk

YOON JAE HYUK
YOON JAE HYUK. Instagram/yg_treasure_official


Yoon Jae Hyuk adalah anggota TREASURE yang lahir pada 23 Juli 2001. Ia adalah anggota ke-6 yang diumumkan sebagai line up debut di TREASURE.

Dalam program acara YG Treasure Box, Jaehyuk sempat mengaku sering ditawari masuk ke beberapa agensi hiburan Korea Selatan lainnya seperti Cube Entertainment, JYP Entertainment, SM Entertainment, Woolim Entertainment, Pledis, dan lain-lain.

Pada awal acara YG Treasure Box, Yoon Jae Hyuk tidak pernah mendapat pujian dari produser utama Yang Hyun Suk, bahkan ia sulit menyesuaikan diri dengan trainee yang lain ketika berlatih.

Yoon Jae Hyuk yang diperkenalkan sebagai Tim B dalam YG Treasure Box ini mendapat evaluasi yang semakin baik ketika masuk di episode 9.

Ia mendapat pujian langsung dari Yang Hyun Suk yang mengatakan, ia mulai mengalami kemajuan.

Berkat pujian tersebut, Yoon Jae Hyuk yang harus tereliminasi pada episode ke-9, akhirnya kembali masuk dan bergabung dengan 11 trainee lainnya ke babak final.

7. Asahi

ASAHI
ASAHI. Instagram/yg_treasure_official


Asahi adalah anggota TREASURE yang juga berasal dari Jepang. Ia lahir pada 20 Agustus 2001 dengan nama asli Hamada Asahi. Posisinya di dalam grup sebagai vokalis.

Selama acara YG Treasure Box, Asahi juga tidak pernah masuk dalam tim Treasure. Bahkan, Asahi telah tersingkir dari misi 1:1 ketika harus melawan teman duetnya sendiri Kang Seok Hwa.

Akan tetapi, YG Entertainment memutuskan untuk memberikan kesempatan kedua kepada Asahi yang dinilai memiliki potensi walaupun tidak masuk ke babak final.

Asahi menjadi member kedua yang tidak masuk ke babak final dan dipilih sebagai tim debut setelah Yoshi. Asahi dikenal karena kemampuannya dalam memproduksi lagu.

8. Bang Yedam

BANG YE DAM
BANG YE DAM. Instagram/yg_treasure_official


Bang Yedam adalah anggota TREASURE yang lahir pada 7 Mei 2002, dan usianya telah menginjak 18 tahun. Posisi Yedam di dalam grup adalah vokalis.

Karena kemampuan vokalnya yang luar biasa, Yedam dijuluki sebagai “God Yedam” oleh rekan-rekannya. Yedam lahir dari keluarga yang juga merupakan seorang musikus.

Pada 5 Juni 2020, Bang Yedam telah merilis lagu solonya bertajuk “Wayo”. Lagu itu dirilis sebagai hadiah YG Entertainment kepada trainee terlama mereka.

Setelah menjadi runner-up dalam program acara K-Pop Star season 2 pada 2013, Bang Yedam langsung menjalani perlatihan di bawah YG Entertainment sebagai trainee.

Saat masih menjadi trainee, Yedam juga pernah muncul dalam program acara survival Stray Kids bentukan JYP Entertainment. Saat itu ia muncul pada misi JYP vs YG battle.

Yedam juga sempat menyanyikan lagu “There’s Nothing Holdin’ Me Back” milik Shwan Mendes dalam acara tersebut dan berhasil mendapatkan komentar positif dari Park Jin Young.

9. Kim Doyoung

DOYOUNG
DOYOUNG. Instagram/yg_treasure_official


Kim Doyung adalah salah satu anggota termuda di TREASURE. Ia lahir pada 4 Desember 2003, dan posisinya di grup sebagai dancer dan vokalis.

Doyoung adalah anggota ke-10 yang diumumkan sebagai line debut TREASURE. Saat itu, Doyoung masuk dalam grup debut MAGNUM.

Dalam acara YG Treasure Box, Kim Doyoung adalah anggota termuda di Tim A. Meskipun demikian, ia menerima pujian dari pelatih tari karena kemampuan menari yang luar biasa meskipun usianya masih muda.

10. Haruto

HARUTO
HARUTO. Instagram/yg_treasure_official


Haruto merupakan anggota TREASURE yang juga berasal dari Jepang. Ia lahir di Fukuoka pada 5 April 2004, dan kini usianya masih 16 tahun.

Nam lengkapnya adalah Watanabe Haruto. Sama seperti Doyoung, Haruto masuk dalam jajaran anggota termuda TREASURE.

Haruto merupakan rapper low tone yang penuh dengan karisma. Ia juga adalah anggota yang jadi visual grup.

Haruto berhasil memukau para pendengar berkat kemampuan rap sempurna yang ia tunjukkan dalam Tim J di YG Treasure Box dengan tingkat persaingan 1 banding 5.000.

11. Park Jeong Woo

PARK JEONG WOO
PARK JEONG WOO. Instagram/yg_treasure_official


Park Jeong Woo lahir pada 28 September 2004, dan kini usianya masih 15 tahun. Posisinya di dalam grup adalah sebagai vokalis.

Park Jeong Woo yang telah meninggalkan kesan mendalam dengan sebutan "Vocal Genius" adalah anggota dengan bakat yang luar biasa. Ia berhasil lolos dari audisi YG dua hari setelah mendaftar di akademi vokal.

Park Jeong Woo juga memiliki berbagai pesona. Dia tipe anak laki-laki yang suka bercanda dan juga ceria. Banyak yang tidak sabar untuk melihat pertumbuhan Park Jeongwoo sebagai penyanyi yang emosional serta bersuara unik.

12. So Jung Hwan

SO JUNG HWAN
SO JUNG HWAN. Instagram/yg_treasure_official


So Jung Hwan adalah anggota termuda di TREASURE. Ia lahir pada 18 Februari 2005, dan kini usianya masih 15 tahun. Di dalam grup, So Jung Hwan didapuk sebagai seorang dancer dan visual.

Kemampuan menarinya sudah mulai terlihat sejak program acara YG Treasure Box berlangsung. Jung Hwan sering dipuji karena ekspresi wajahnya saat menari dinilai sangat baik.

Bahkan, beberapa kali ia menunjukkan kemampuan menarinya dalam sejumlah video dance performance di akun YouTube TREASURE.

Sebagai anggota yang berkembang dengan potensi musik yang tak terbatas, publik fokus pada perkembangan yang akan ditunjukkan So Junghwan di masa depan.


Baca juga artikel terkait TREASURE atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight