Menuju konten utama

Produk Manufaktur Masih Sumbang 74 Persen Ekspor Nasional

Sejumlah produk manufaktur Indonesia yang masih agresif tembus pasar ekspor, seperti makanan dan minuman, pakaian dan alas kaki, serta kendaraan dan komponennya.

Produk Manufaktur Masih Sumbang 74 Persen Ekspor Nasional
Kapal tunda melintas di antara kapal yang melakukan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (18/12/2018). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

tirto.id -

Industri pengolahan nonmigas memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada April 2019, ekspor produk manufaktur mencapai 9,42 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau menyumbang sebesar 74,77 persen dari total ekspor Indonesia.

“Beberapa hal yang terkait dengan defisit neraca perdagangan, sebetulnya kalau kita bicara industri nonmigas, masih positif. Secara kumulatif, volume ekspor Januari-April 2019 meningkat 10,22 persen dibanding periode yang sama di tahun 2018, yang disumbang oleh peningkatan ekspor nonmigas 13,07 persen,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Sementara itu, sejumlah komoditas nonmigas yang nilai ekspornya naik pada April 2019 dibanding Maret 2019, yakni karet dan barang dari karet senilai 72,4 juta dolar AS atau 15,10 persen, bubur kayu alias pulp 51,7 juta dolar AS atau setara 21,39 persen.

Alas kaki 30,0 juta dolar AS atau 8,66 persen, pupuk 23,9 juta dolar AS atau 66,36 persen, serta berbagai produk kimia sebesar 23,8 juta dolar AS atau setara 6,64 persen.

“Kami terus mendorong produsen dalam negeri melakukan substitusi impor. Jadi, substitusi impor itu harus ada dari barang yang di dalam negeri dan kami dorong untuk ekspor ke luar negeri," jelas dia.

Ia menjelaskan, substitusi impor merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan defisit neraca perdagangan. Adapun negara tujuan ekspor produk nonmigas Indonesia yang terbesar pada April 2019, yakni ke Tiongkok yang mencapai 2,04 miliar dolar AS.

Disusul Amerika Serikat 1,38 miliar dolar AS dan Jepang 1,05 miliar dolar AS, dengan kontribusi ketiganya mencapai 37,65 persen. Sementara ekspor ke Uni Eropa yang terdiri dari 28 negara sebesar 1,16 miliar dolar AS.

Jika dilihat pada periode Januari-April 2019, Tiongkok tetap merupakan negara tujuan ekspor terbesar dengan nilai 7,27 miliar dolar AS atau 14,85 persen, diikuti Amerika Serikat dengan nilai 5,54 miliar dolar AS atau 11,32 persen, dan Jepang dengan nilai 4,45 miliar dolar AS atau 9,09 persen.

Komoditas utama yang diekspor ke Tiongkok pada periode tersebut adalah lignit, besi, baja, dan minyak kelapa sawit.

“Kami juga memacu perusahaan swasta untuk berinvestasi di luar negeri supaya mendapatkan akses kemudahan ekspor di tengah ketidakpastian perdagangan global saat ini. Salah satu komoditas yang didorong untuk ekspor adalah besi dan baja,” ungkap dia.

Airlangga menjelaskan, penurunan nasional saat ini karena permintaan pasar dunia yang juga turun dari imbas perang dagang. Contohnya, produk besi dan baja Indonesia dalam bentuk lembaran (sheet) yang terkena bea masuk cukup tinggi ke Amerika Serikat dan Tiongkok.

“Besarnya impor bahan baku dan penolong serta barang modal, itu guna meningkatkan produksi di dalam negeri sehingga nantinya ekspor bisa ikut naik. Tentunya kita akan lihat ekspor pada bulan-bulan depan," tuturnya.

Sejumlah produk manufaktur Indonesia yang masih agresif tembus pasar ekspor, seperti makanan dan minuman, pakaian dan alas kaki, serta kendaraan dan komponennya.

Di samping itu, pihaknya akan fokus terhadap peningkatan investasi dan ekspansi di dalam negeri yang dapat mengerem laju impor dengan mendongkrak produksi dalam negeri.

Contohnya, investasi besar perusahaan elektronika di Batam, salah satunya adalah Pegatron.

Selain peningkatan investasi untuk ekspor, Menperin pun mendorong diversifikasi pasar tujuan pengapalan produk domestik. Contohnya, negara di Benua Eropa yang membutuhkan baja untuk industri maju seperti alat-alat kesehatan.

Baca juga artikel terkait INDUSTRI MANUFAKTUR atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Nur Hidayah Perwitasari