Preview Final BAC 2019: Marcus/Kevin vs Endo/Watanabe

Oleh: Oryza Aditama - 28 April 2019
Ganda putra Marcus/Kevin dijadwalkan menghadapi Endo/Watanabe dalam laga final Badminton Asia Championships (BAC) 2019, hari ini Minggu (28/4/2019).
tirto.id - Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo muncul sebagai satu-satunya asa kontingen Indonesia pada final Badminton Asia Championships (BAC) 2019. Mereka bakal meladeni tantangan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, untuk laga pamungkas di Wuhan Sports Center, Wuhan, Cina Minggu (28/4/2019) hari ini.

Ditinjau dari berbagai segi, pasangan Marcus/Kevin memang layak diunggulkan untuk meraih hasil positif dalam laga final nanti. Berbagai indikator memang lebih condong kepada pasangan Indonesia tersebut ketimbang rival mereka.

Dari rekor head to head, Marcus/Kevin tercatat tak pernah menderita kekalahan dari Endo/Watanabe. Dari dua kali pertemuan, jagoan Indonesia itu selalu sukses memetik kemenangan. Bahkan kedua laga selalu diselesaikan Marcus/Kevin lewat pertarungan straight game.

Pertemuan perdana kedua pasangan terjadi pada babak 16 besar French Open 2018, bulan Oktober. Ketika itu pasangan Marcus/Kevin menang 21-14, 22-20, dalam duel yang memakan waktu 40 menit.

Sebulan kemudian, keduanya kembali dipertemukan pada babak pertama (32 besar) Hong Kong Open 2018. Kali ini pasangan Indonesia hanya butuh waktu 28 menit untuk menyelesaikan laga yang berakhir dengan skor 21-14, 21-15.

Dari segi peringkat BWF, Marcus/Kevin juga tercatat unggul dibandingkan sang rival. Hingga pekan ke-17 BWF, mereka kokoh bercokol di peringkat 1 dunia, sebaliknya Endo/Watanabe menduduki peringkat ke-9 dunia.

Untuk ajang BAC tahun ini pun Marcus/Kevin ditempatkan sebagai unggulan pertama, sementara sang rival berstatus unggulan ke-5.

Kendati demikian pasangan Indonesia tetap wajib memasang kewaspadaan tinggi pada pertandingan nanti. Pasalnya siapa pun pasangan yang berhasil menembus partai final, pasti tengah dalam kondisi performa yang bagus.

"Siapa pun yang bisa ke final pasti bagus mainnya, nggak mungkin mereka mau kalah begitu saja. Siapa saja lawan kami di final besok, kami harus siap," ujar Marcus Gideon usai memastikan langkah ke final, dikutip dari laman PBSI, Sabtu (27/4/2019).


Baca juga artikel terkait BADMINTON ASIA CHAMPIONSHIPS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus