Advertorial:

Prestasi STP Bandung yang Jadi Perguruan Tinggi Pariwisata Terbaik

Oleh: Advertorial - 17 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
STP Bandung atau yang dikenal dengan STP NHI bisa dibilang sebagai salah satu perguruan tinggi tertua dan terbaik di bidang pariwisata.
tirto.id - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung atau yang dikenal dengan STP NHI bisa dibilang sebagai salah satu perguruan tinggi tertua dan terbaik di bidang pariwisata yang tentu saja memiliki sejumlah prestasi, baik skala nasional atau pun internasional.

Adapun, sejumlah prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa STP Bandung, di antaranya adalah:

  • Juara 1 Seleksi Daerah Asean Skills Competition Jawa Barat
  • Juara 1 Lomba Essay Pariwisata Nasional (seluruh PTNP)
  • Juara 1 Kompetisi Pariwisata Indonesia
  • UNWTOStudents’ LeagueChallenge
  • Champion of Forum for International Tourism and Environment (FITE) 2019
  • African International Model United Nation 2020
  • MostOutstandingDelegate of AsiaWorld Model UnitedNation
  • InternationalCulture, TourismandTechnology
  • NationalFrontOfficeCompetitionHospitourNationalSpeechCompetition
  • TranslatorTaiwanEducationFair
  • TourDirectorBroadcastingTour
  • Asian Para Games 2018 CAS Server in Food and Beverage 2018

Dengan prestasi tersebut, STP Bandung bisa menjadi pilihan tujuan studi untuk mahasiswa Indonesia yang bakal mendaftar perguruan tinggi pada tahun 2021.

Lembaga pendidikan yang beralamat di Jl. Dr. Setiabudhi No, 186 Bandung, Jawa Barat ini, bernaung di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan secara teknis dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

STP Bandung sendiri memiliki visi “Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kepariwisataan terkemuka di dunia yang tetap berkepribadian Indonesia”.

Sementara, demi mewujudkan visi tersebut, STP Bandung mencoba melakukan sejumlah langkah strategis, di antaranya membangun organisasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel.

Membangun jejaring kerja baik dalam negeri maupun luar negeri. Serta mengembangkan SDM profesional, juga penelitian kepariwisataan untuk masyarakat dan industri.

Daya saing STP Bandung bisa dilihat dari banyaknya lulusan yang berhasil menempati berbagai posisi di berbagai instansi kepariwisataan.

Selain itu, prestasi yang diraih STP Bandung juga merupakan bukti keaktifan mahasiswa STP Bandung berpartisipasi dalam aneka kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional.


Sejauh ini STP NHI Bandung sudah mencetak lebih dari 21.000 lulusan. Dari jumlah tersebut 38 persen di antaranya berkarier di luar negeri, sedang 62 persen sisanya bekerja di dalam negeri.

Mereka tersebar dalam lingkup industri pariwisata, baik berupa: kewirausahaan, perhotelan, travel agent, konsultan, hingga masuk dalam pemerintahan.

Sampai saat ini STP Bandung masih terus melakukan inovasi serta aneka terobosan baru demi memperkuat institusi, lewat beberapa program seperti: Program Kewirausahaan, Program International, Creative Event (MICE), serta digital learning.

DarkLight