Presiden Kumpulkan Tokoh Lintas Agama di Istana Bogor

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 23 Mei 2017
Dibaca Normal 1 menit
Presiden mengajak tokoh agama untuk segera menyelesaikan percikan sekecil apapun, sehingga tidak menjadi persoalan besar.
tirto.id - Presiden Joko Widodo kembali mengumpulkan para tokoh agama dari berbagai provinsi yang tergabung dalam Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama Indonesia (AFKUBI). Para tokoh lintas agama diterbangkan dengan dua pesawat VVIP dari berbagai provinsi ke Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (22/5/2017).

Pada kesempatan itu Presiden mengajak para tokoh agama untuk menyelesaikan gesekan atau percikan yang muncul sekecil apapun dengan seketika, dan tidak menunggu hingga persoalan menjadi semakin besar.

"Jadi kalau kita ini ada gesekan kecil ya wajar, tapi segera selesaikan, segera rampungkan jangan sampai dibawa berbulan-bulan," kata Presiden.

Ia menambahkan, persoalan yang muncul biasanya bermuara ke politik sehingga perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terjadi campur aduk persoalan yang berada di wilayah politik, hukum, dan agama.

Presiden mengatakan kini banyak negara di dunia sedang dirisaukan dengan urusan radikalisme dan terorisme.

"Saat saya dua hari yang lalu pertemuan negara-negara Islam dengan Presiden Donald Trump juga sama, kerisauan hampir 55 negara juga sama dengan masalah radikalisme dan terorisme semuanya berada pada ranking pertama tantangan negara itu," tuturnya.

Setelah menyampaikan sambutan, Presiden mengajak para tokoh agama untuk berfoto di tangga Istana Kepresidenan Bogor sebagai bentuk kenang-kenangan.

Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Staf Khusus Presiden Johan Budi.

Pekan lalu, tepatnya Selasa siang (16/5/2017) Presiden juga mengumpulkan tokoh lintas agama di Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan dengan delapan tokoh lintas agama itu terkesan mendadak karena jadwalnya diumumkan pada dua jam sebelum acara berlangsung.

Pertemuan itu digelar usai Jokowi merampungkan kunjungan kerjanya ke Kota Palu, Sulawesi Tengah pada sekitar pukul 11.00 WIB hari ini. Pada pukul 12.00 WIB kemudian diumumkan agenda terbaru Presiden Jokowi, yakni bertemu tokoh lintas agama pada pukul 14.00 WIB.

Di antara tokoh lintas agama yang menghadiri pertemuan bareng Jokowi itu ialah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma`ruf Amin dan Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini.

Sementara Jokowi menemui para tokoh lintas agama bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Pertemuan dengan tokoh lintas agama tersebut dikabarkan terkait salah satu upaya Presiden Jokowi untuk menghimpun masukan atas situasi yang berkembang dalam beberapa waktu terakhir. Jokowi ingin merespon situasi yang berkembang dengan melibatkan para tokoh lintas agama, mengingat isu yang sedang hangat di Indonesia erat berkaitan dengan SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan).

Baca juga artikel terkait PRESIDEN JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight