Presiden Jokowi Senang Shin Taeyong Latih Timnas Indonesia

Oleh: Iswara N Raditya - 13 Januari 2020
Keputusan PSSI merekrut Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia disambut positif oleh pemerintah.
tirto.id - Keputusan PSSI merekrut Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia disambut positif oleh pemerintah. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) senang digaetnya juru taktik asal Korea Selatan itu.

“Beliau [Presiden Jokowi] senang karena Shin Tae-yong berasal dari Korea Selatan. Jadi masih dekat dengan budaya Asia yang memudahkannya beradaptasi dengan Indonesia," ucap Zainudin Amali di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).

"Keputusan PSSI untuk mendatangkan Shin Tae-Yong tepat," imbuh Menpora yang juga kader Partai Golkar ini.

Menpora menambahkan, Presiden Jokowi terus memantau perkembangan Timnas Indonesia, dari level senior hingga junior, khususnya Timnas U19 yang bakal tampil di Piala Dunia U20 2021 tahun depan dan akan digelar di Indonesia.

"Secara teratur saya selalu mengirimkan laporan kepada Presiden termasuk soal seleksi pemain Timnas U-19 yang berlangsung mulai hari ini," papar Menpora.

Mulai Senin (13/1/2020), PSSI menggelar seleksi pemain Timnas Indonesia U19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat. Dari 59 pemain yang dipanggil, ada 51 nama yang mengikuti seleksi hari pertama dan ditangani langsung oleh Shin Tae-yong.


Di seleksi tersebut, Shin Tae-yong didampingi oleh Gong Oh-kyun yang telah didapuk untuk menangani Timnas Indonesia U19 bersama Nova Arianto sebagai asisten pelatih. Hadir pula asisten pelatih timnas senior, Indra Sjafri, yang juga pernah menukangi Timnas U19.

Shin Tae-yong sendiri merupakan pelatih Korea Selatan yang diperkuat Son Heung-min dan kawan-kawan saat berlaga di Piala Dunia 2018 lalu. Ia juga pernah membesut tim nasional Korea Selatan di level usia muda.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight