Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang

Reporter: Antara - 26 Januari 2021
Presiden Jokowi meminta kepala daerah untuk menghubungkan Tol Kayu Agung-Palembang dengan sentra pariwisata, pertanian, perkebunan, dan kawasan industri.
tirto.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol ruas Kayu Agung-Palembang, poros Jalan Tol Trans-Sumatera di Palembang, Sumatera Selatan.

"Alhamdulillaah, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer sudah selesai, sudah rampung dan siap digunakan hari ini. Jalan tol ini poros terpenting dari Jalan Tol Trans-Sumatera," kata Jokowi, Selasa (26/1/2021).

Jalan Tol Kayu Agung-Palembang, kata Jokowi, menjadi poros utama atau tulang punggung di Sumatera Selatan, sebagai ruas yang menghubungkan Pelabuhan Bakaheuni hingga Palembang.

"Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol ini, jarak tempuh dari Bakauheni ke Palembang, yang berjarak 373 kilometer, yang biasa ditempuh 12 jam perjalanan darat, sekarang hanya perlu waktu 3 sampai 3,5 jam," tuturnya.

Jokowi mengklaim, jalan tol tersebut menghemat waktu tempuh hingga 75 persen. Menurutnya efisiensi itu akan memberikan kontribusi bagi perekonomian.

Peresmian Jalan Tol Kayu Agung-Palembang dilakukan di Gerbang Tol Kramasan. Acara peresmian ditutup dengan penandatangan prasasti oleh Jokowi.

“Saya titip kepada gubernur, kepada bupati, wali kota agar jalan tol ini disambungkan pada sentra-sentra ekonomi. Sentra-sentra pariwisata, kawasan industri, sentra pertanian, sentra perkebunan. Berikan akses penghubung ke sana, manfaat ekonominya akan bisa maksimal," ujarnya.




Baca juga artikel terkait JALAN TOL atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Reporter: Antara
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight