Presiden Jokowi Lebaran di Istana Bogor, Tak Gelar Open House

Reporter: - 23 Mei 2020
Jokowi Lebaran di Bogor. Ia tidak mudik dan tidak pula menggelar open house.
tirto.id - Juru Bicara Presiden bidang sosial Angkie Yudistia mengatakan Presiden Joko Widodo akan memperingati Idulfitri di Istana Bogor, Jawa Barat. Hari raya dipastikan jatuh esok hari (24/5/2020).

"Besok, Presiden akan merayakan Idul Fitri di Istana Bogor, Jawa Barat," kata dia dalam siaran pers di Jakarta, dikutip dari Antara.

Angkie juga mengatakan Presiden tidak mudik ke Solo sebagai komitmen penerapan jaga jarak dan mengurangi potensi penyebaran COVID-19. Tahun lalu Jokowi mudik ke Solo pada hari lebaran kedua.

Dia menyampaikan Presiden selama ini beraktivitas di Ibu Kota, meskipun menggunakan skema bekerja dari rumah. Jakarta wilayah dengan kategori zona merah penyebaran COVID-19. Komunikasi dengan jajaran kabinet dan pimpinan lembaga setingkat tetap dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Selain hanya lebaran di Istana, Jokowi juga tidak bakal menggelar open house seperti tahun-tahun sebelumnya. Pun dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri. Dalam PSBB, siapa pun dilarang menggelar acara yang dapat memicu orang-orang berkumpul.

"Untuk silaturahmi atau open house sementara ditiadakan mengingat kondisi yang tidak memungkinkan," kata Angkie.

Presiden menegaskan akan tetap memantau perkembangan situasi nasional, utamanya penanganan pandemi COVID-19.

Terakhir, Angkie mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat agar tetap memperhatikan jarak serta menjaga kebersihan. Jokowi pun memberi salam kepada para umat Islam yang menggelar hari raya.

"Salam hangat Presiden Joko Widodo untuk seluruh umat Muslim dan warga Indonesia," ujar Angkie.


Baca juga artikel terkait LEBARAN atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Rio Apinino
DarkLight