Presiden Hadiri KTT APEC di Vietnam dan KTT ASEAN di Filipina

Oleh: Yandri Daniel Damaledo, Yandri Daniel Damaledo - 10 November 2017
Presiden akan menghadiri KTT Apec yang digelar di Da Nang, Vietnam, dan KTT ASEAN di Manila, Filipina.
tirto.id - Presiden Joko Widodo beserta rombongan berangkat ke Da Nang, Vietnam untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dan ke Manila, Filipina untuk mengikuti KTT ASEAN.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Widodo berangkat menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ) dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pukul 10.30 WIB, Jumat (10/11/2017).

"Saya dan rombongan hari ini akan bertolak ke Da Nang Vietnam dan dilanjutkan ke Manila di Filipina," kata Presiden kepada wartawan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, seperti dikutip dari Antara.

Jokowi mengungkapkan dua agenda utama dalam kunjungan kerjanya kali ini saat menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam serta KTT ASEAN di Manila.

Tahun ini APEC mengambil tema Greating New Dinamisme Asia," kata Jokowi.

Presiden memaparkan apa saja yang telah dipersiapkan Indonesia dalam KTT APEC kali ini, yang pertama development goal utamanya menghilangkan hambatan non tarif bagi produk-produk Indonesia yang berkontribusi kepada pembangunan pedesaan dan upaya pengentasan kemiskinan.

Kedua, lanjut Presiden, upaya mempersempit kesenjangan ekonomi dan inklusivitas.

Ketiga, pembangunan infrastruktur dan keempat, upaya mengedepankan rate time base policy.

Sementara pada KTT ASEAN dan terkait lainnya, Indonesia akan mengupayakan peningkatan kerja sama, baik antara sesama anggota maupun ASEAN dengan negara mitra lainnya.

"Kita berharap kunjungan ini akan memberi manfaat yang besar bagi seluruh rakyat Indonesia," tutup Presiden.

Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN KERJA JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo & Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Politik)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo & Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo