Premier League Izinkan Latihan, Klopp Ingin Liga Bisa Digelar Lagi

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 20 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jurgen Klopp memuji keputusan Premier League yang mengizinkan klub-klub Liga Inggris menggelar latihan yang bisa diikuti kelompok kecil, mulai 19 Mei 2020.
tirto.id - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mendukung keputusan Premier League yang mengizinkan klub-klub Liga Inggris untuk menggelar latihan mulai Selasa (19/5/2020).

Pemberian izin terhadap kegiatan latihan klub yang hanya boleh dilakukan kelompok kecil tersebut merupakan fase pertama Project Restart. Ada lima fase yang akan dilaksanakan untuk menyiapkan pemutaran kembali kompetisi. Rencananya kompetisi akan digelar kenbali mulai 12 Juni 2020.

"Ini hari besar saat mereka akhirnya memutuskan untuk melakukannya [menggelar latihan], saya selalu berkata kami tidak terburu-buru dalam hal apa pun, tetapi saya pikir sekarang ini [latihan] tidak diputuskan dengan terburu-buru," ucap Klopp dilansir laman resmi Liverpool.

"Ini masih dalam proses, tapi perkembangannya sesuai dengan yang diinginkan. Bahwa sepak bola semakin dekat waktunya kembali, saya pikir itu pertanda bagus bagi orang-orang," tambah dia.

The Reds pun telah menggelar latihan di Melwood pada 19 Mei. Latihan dilakukan oleh kelompok kecil yang menerapkan penjarakan fisik. Model latihan seperti demikian merupakan langkah awal sebelum tim diperbolehkan berlatih dengan skuad penuh.


Sebelum mengizinkan klub-klub Liga Inggris menggelar latihan, Premier League melaksanakan tes massal pada 17-18 Mei lalu. Hasilnya, enam pemain atau staf klub dinyatakan positif COVID-19.

Klub-klub kontestan pun tetap menggelar latihan dan meminta pemain/staf yang positif menjalani isolasi selama tujuh hari.

Premier League tidak memerinci identitas 6 orang yang dinyatakan positif corona tersebut. Meski demikian, Burnley mengonfirmasi bahwa asisten manajer Ian Woan adalah salah satunya. Selain itu, Watford pun mengonfirmasi satu pemain dan dua stafnya dinyatakan positif.

Klopp memuji keputusan Premier League yang tetap mengizinkan klub-klub Liga Inggris menggelar kegiata latihan, meskipun hasil tes menunjukkan ada pemain yang berstatus positif corona.

Dia membandingkan keputusan itu dengan Bundesliga yang memulai kembali kompetisi sejak 16 Mei lalu. Klopp menggarisbawahi keberhasilan Bundesliga yang sempat diragukan karena sejumlah pemain dan staf dinyatakan positif sebelum kompetisi digelar kembali.

"Jerman sudah menunjukkannya—sejumlah pemain memperoleh hasil tes positif—dalam jangka waktu yang panjang, mereka berlatih selama lima pekan dan kini mereka sudah bermain, dan mereka punya sekitar 10 atau 12 tes dengan hasil positif," ujar manajer asal Jerman itu.

Di lain sisi, Klopp juga memuji performa klub-klub Bundesliga. Dia menyebut pertandingan tanpa penonton tidak mengurangi kualitas permainan klub-klub tersebut. Menurutnya, klub-klub Premier League akan melakukan hal yang sama saat bertanding nanti.

"Itulah yang juga harus kita lakukan. Kita bermain untuk klub, kita bermain untuk satu sama lain, 100 persen," ujar Klopp.

Inggris sebenarnya belum pulih dari krisis kesehatan akibat pandemi corona. Hingga 20 Mei 2020, Inggris memiliki total 248.818 kasus positif Covid-19, dengan angka kematian 35.341 jiwa atau yang tertinggi kedua di dunia.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Addi M Idhom
DarkLight