Liga Spanyol

Prediksi Valencia vs Barcelona: Ujian Sesungguhnya Blaugrana

Oleh: Beni Jo - 24 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Liga Spanyol laga Valencia vs Barcelona pada Sabtu, 25 Januari 2020.
tirto.id - Duel Valencia vs Barcelona dalam jornada ke-21 La Liga Spanyol 2019/2020 akan digelar pada Sabtu (25/1/2020) pukul 22.00 WIB di Stadion Mestalla. Tampil dalam laga tandang pertama di La Liga bersama Quique Setién, pertandingan ini bakal menjadi ujian sesungguhnya bagi Blaugrana.

Barcelona akan menjalani laga tandang pertama bersama Quique Setién di Liga Spanyol. Sebelumnya, tim asal Catalunya ini meraih kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Granada di Camp Nou pada pekan ke-20 lalu.

Selain itu, melawat ke markas Ibiza pada ajang Copa del Rey, Antoine Griezmann dan kolega pun kembali mencatatkan kemenangan 1-2. Meski mereka sendiri perlu menunggu hingga injury time untuk bisa memastikan lolos 16 besar.

Sebelumnya, Setién merasa kecewa dengan penampilan anak asuhnya. Usai susah payah mengalahkan Ibiza, ia pun menyebut siap melakukan pembenahan terhadap tim.

"Saya tidak suka permainan tim. Saya lebih suka jika dilakukan dengan cara yang berbeda. Dengan kondisi lapangan seperti itu, laga menjadi lebih sulit. Mereka agresif dan intens dalam bertahan, laga ini tidak mudah.

​​"Kami sudah mengambil pelajaran untuk laga selanjutnya. Ketika Anda melakukan hal-hal buruk, saat itulah Anda perlu melakukan improvisasi," beber Setién, dikutip Marca, Rabu (22/1).

Kini, armada Quique Setién bakal meladeni Los Che di kandang lawan. Duel ini bisa menjadi ujian sesungguhnya bagi Barca dalam melakoni laga tandang pertama di Liga Spanyol. Selain itu, mereka pun akan menghadapi tim yang secara kualitas berada di atas lawan-lawan sebelumnya.

Valencia sendiri saat ini masih berada di posisi ketujuh Liga Spanyol. Mengoleksi 31 poin, Los Che pun berpeluang masuk lima besar jika mampu mengamankan laga kandangnya ini.

Meski sempat kalah dua kali beruntun, yakni atas Real Madrid dengan skor 1-3 pada semifinal Piala Super Spanyol dan 4-1 dari Mallorca pada pekan 20 La Liga, tetapi nyatanya Valencia sudah mulai bangkit.

Sebagai bukti, mereka menang 0-1 atas UD Logroñés di Copa del Rey dalam laga tandang pada duel teranyar. Menerima kedatangan Barcelona, Rodrigo Moreno dan kolega pun bakal semakin termotivasi untuk melanjutkan raihan positif.

"Saya pikir kami layak memenangkan laga [lawan UD Logroñés]. Kami memiliki peluang emas untuk mencetak lebih banyak gol, kami tidak kebobolan dan sekarang kami harus mengalihkan perhatian ke pertandingan hari Sabtu [lawan Barca]. Tim ini tampak fokus dan sudah sesuai," ujar Albert Celades, sang arsitek tim, dikutip laman resmi klub.

Selain faktor tuan rumah sebagai energi pendukung, menjamu tim sekelas Barca diprediksi juga menjadi misi tersendiri bagi Valencia untuk bisa meraih kemenangan.


Prediksi Jalannya Pertandingan

Berdasarkan data Whoscored, Barcelona unggul dalam mencetak gol dari situasi open play. Tercatat mereka melesakkan gol sebanyak 38 kali berbanding 18 kali milik Valencia.

Namun, tim tamu patut waspada terhadap serangan balik tuan rumah. Los Che mencetak dua gol dari counter attack. Barca pun hanya sekali melakukannya.

Selain itu, titik putih juga menjadi keunggulan yang dimiliki oleh Valencia yang menghasilkan lima gol dari penalti. Sedangkan Barcelona tiga kali sukses menyarangkan gol penalti.

Diprediksi, Barca bakal tetap tampil terbuka dalam laga ini. Sementara tuan rumah akan lebih mengandalkan serangan balik dan memaksimalkan hasil eksekusi bola mati.

Perkiraan Susunan Pemain

Valencia (4-4-2): Jasper Cillesen; Jose Gaya, Gabriel Paulista, Ezequiel Garay, Daniel Wass; Carlos Soler, Francis Coquelin, Denis Cheryshev, Ferran Torres; Maxi Gomez, Rodrigo Moreno.

Barcelona (4-3-3): Marc-André ter Stegen; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Sergi Roberto; Sergio Busquest, Frenkie de Jong, Ivan Rakitic; Antoine Griezmann, Lionel Messi, Ansu Fati.


Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight