Prediksi Tren Mode 2021 Pinterest Predicts: Fesyen & Kecantikan

Oleh: Erika Erilia - 28 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Dari tahun ke tahun, Pinterest kembali jadi tujuan banyak orang untuk mencari inspirasi dalam hal gaya hidup.
tirto.id - Menjelang pergantian tahun 2020 ke 2021, Pinterest meluncurkan prediksi tren untuk tahun 2021 mendatang. Saat ini Pinterest memang dijadikan acuan oleh lebih dari 440 juta orang untuk mencari ide-ide tren yang akan datang.

Sebelumnya pada tahun 2020, 8 dari 10 prediksi Pinterest menjadi kenyataan. Sehingga tahun ini Pinterest kembali jadi tujuan banyak orang untuk mencari inspirasi dalam hal gaya hidup.

Di penghujung tahun 2020, Pinterest Predicts menampilkan lebih dari 150 tren yang diprediksi akan booming di tahun 2021. Salah satu prediksi tren yang paling dinanti tentu saja menyangkut mode, baik itu yang berhubungan dengan fesyen maupun kecantikan.

Berikut prediksi tren mode 2021 versi Pinterest Predict.


Tren Fashion 2021

1. Athflow

Athflow merupakan istilah fashion yang mengacu pada pakaian yang santai namun tetap terlihat elegan. Contohnya adalah jumpsuit atau baju model terusan yang kasual, celana longgar yang flowy, dan pakaian oversized.

Gaya berbusana seperti ini memang terlihat lebih santai, namun tetap cocok dipakai di event-event tertentu. Bahkan gaya pakaian seperti ini masih terlihat profesional dan pantas dijadikan busana kantor.

Prediksi ini berdasarkan data global yang telah dicatat oleh Pinterest. Setiap tahun, pencarian kata kunci ‘baju rumahan wanita’ meningkat 2 kali lipat. Sementara itu, kata kunci ‘oversized outfit’ juga mengalami peningkatan hingga 3 kali lipat.


Di beberapa negara, pencarian kata kunci ‘soft outfits’ meningkat sampai 185%. Pencarian kata kunci ‘jumpsuit katun wanita’ juga ikut naik hingga 160%.


2. Cocoon Swoon

Istilah fashion yang satu ini mengacu pada gaya berbusana santai ala rumahan. Pinterest memprediksi bahwa di tahun 2021 nanti akan ada banyak orang yang memilih gaya pakaian berlapis.

Jenis pakaian yang masuk kategori ini bisa berupa syal, jaket puffer, hingga kaos kaki. Gaya berbusana seperti ini dirasa lebih nyaman, hangat, dan cocok untuk aktivitas rumahan.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Pinterest, pencarian kata kunci ‘pakaian berlapis’ naik hingga 4 kali lipat. Pencarian kata kunci ‘cocoon sweater’ alias sweater kepompong juga mengalami peningkatan hingga 155% di sejumlah negara.


3. Busana DIY

Tren selanjutnya yang diperkirakan akan mendominasi tahun 2021 adalah pakaian yang dibuat atau dimodifikasi sendiri. Menurut prediksi Pinterest, kelompok orang yang akan sering memakai busana DIY seperti ini adalah anak-anak muda atau Gen Z.

Contoh busana DIY yang dimaksud bisa berupa pakaian denim yang dilukis sendiri atau kaos crewneck yang dibuat secara custom.

Prediksi ini berdasarkan data yang menunjukkan bahwa ada peningkatan pencarian kata kunci ‘jeans painting idea’ hingga 3 kali lipat. Sedangkan kata kunci ‘custom hoodies’ juga naik sampai 130% di sejumlah negara.


Tren Kecantikan 2021

1. Skinimalism

Pinterest memprediksi bahwa tren kecantikan yang minimalis akan booming di tahun 2021. Orang-orang diperkirakan akan meninggalkan gaya makeup tebal. Mereka justru akan lebih memilih dandanan sederhana yang bisa mengekspos kecantikan alami kulit mereka.

Prediksi ini didasarkan data global yang menunjukkan bahwa pencarian kata kunci ‘makeup natural sehari-hari’ naik sampai 180%. Selain itu, orang-orang juga sering melakukan pencarian untuk kata kunci yang berhubungan dengan perawatan kulit secara alami.


2. Indie Beauty

Indie beauty mengacu pada busana crop top berwarna berani, baggy jeans, serta makeup dan riasan kuku yang terinspirasi dari emoji.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Pinterest, terjadi peningkatan hingga 9 kali lipat untuk pencarian kata kunci ‘smiley face nails’. Selain itu, peningkatan juga terjadi untuk pencarian beberapa kata kunci yang berhubungan dengan makeup indie.


3. Poppin’ Protective Style

Tren yang satu ini lebih berfokus pada gaya rambut. Gaya rambut kepang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021. Orang-orang akan lebih sering berkreasi dengan teknik mengepang rambut yang minim perawatan tapi tetap terlihat glamor.

Prediksi dari Pinterest ini berdasarkan data peningkatan pencarian kata kunci yang berhubungan dengan gaya rambut kepang. Misalnya kata kunci ‘Viking braids man’ yang meningkat hingga 90% atau ‘yarn braids styles’ yang naik sampai 150%.


4. Rainbrows

Sesuai namanya, tren ini fokus pada alis. Menurut Pinterest, orang-orang di tahun 2021 diprediksi lebih menyukai gaya alis yang tebal. Gaya alis kreatif yang mengungkapkan impresi, pemikiran atau ide-ide tertentu juga diperkirakan booming di tahun depan.

Prediksi ini muncul setelah terjadi peningkatan pencarian kata kunci yang berhubungan dengan alis. Misalnya pencarian kata kunci ‘alis warna-warni’ yang naik sebanyak 35%. Pencarian kata kunci ‘bleached eyebrows’ bahkan mengalami peningkatan sampai 160%.



Baca juga artikel terkait PINTEREST atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight