Prediksi Top Skor Liga Spanyol 2020: Lionel Messi atau Benzema?

Oleh: Beni Jo - 29 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi top skor Liga Spanyol 2019/2020 yang dimulai kembali pada pertengahan Juni 2020: Lionel Messi berpeluang mengalahkan Karim Benzema.
tirto.id - Dengan rencana Liga Spanyol 2019/2020 kembali bergulir pertengahan Juni 2020, persaingan sengit bukan cuma untuk urusan juara kompetisi, antara Barcelona dan Real Madrid. Tetapi juga, perburuan gelar top skor LaLiga, yang melibatkan bomber utama dua klub raksasa tersebut, Lionel Messi dan Karim Benzema.

Hingga jornada 27 Liga Spanyol musim ini, Lionel Messi sudah mengoleksi 19 gol dari 22 penampilan. Sedangkan Benzema, mengumpulkan 14 gol dari 26 pertandingan. Keduanya terpaut 5 gol hingga kompetisi kemudian ditunda karena pandemi virus Corona (COVID-19) di Spanyol.

Jika Liga Spanyol diputar kembali, Messi punya peluang lebih besar menyabet gelar top skor. Pasalnya, 19 gol dibuat La Pulga dengan jumlah laga yang lebih sedikit dibandingkan Benzema. Selain itu, dari segi performa, Messi masih ada di atas sang penyerang asal Perancis.

Menurut catatan Whoscored, sepanjang musim ini di Liga Spanyol, Lionel Messi mendapatkan nilai sebesar 8,61. Selain mengemas 19 gol, ia menciptakan 12 assist. Rata-rata tembakan setiap pertandingannya mencapai 4,8 kali, ditambah rata-rata key pass mencapai 2,5 kali. Soal dribel, Messi memiliki rataan 5,4 kali setiap laga.

Sementara itu Benzema memiliki rating 7,39 dalam versi Whoscored. Selain berkontribusi dengan 14 gol, sang mantan penyerang Lyon mempunyai 6 assist. Benzema menghasilkan rata-rata 3,7 tembakan perpertandingan atau lebih rendah daripada Messi. Terkait aspek lain, key pass Benzema rata-rata 2,1 kali setiap laga. Namun, sang striker adalah sosok nomor sembilan murni yang bertugas mencetak gol, sehingga tak dapat dibandingkan dengan Messi.

Di sisi lain, catatan di atas tercipta sebelum gelaran Liga Spanyol ditunda akibat persebaran virus corona alias COVID-19. Dengan adanya penangguhan pertandingan yang terjadi hingga tiga bulan lamanya dan masih ada sisa 11 laga, bukan tidak mungkin ini merupakan peluang besar bagi Benzema untuk bisa mengejar raihan gol Messi yang sama-sama berusia 32 tahun itu.



Dari jadwal terbaru Liga Spanyol yang dikutip dari Marca, Real Madrid menyisakan enam pertandingan kandang dan lima laga tandang. Los Blancos bakal menjamu Eibar, Valencia, Mallorca, Getafe, Alaves, dan Villarreal. Dalam lima lawatan, Madrid bakal meladeni Real Sociedad, Espanyol, Athletic Bilbao, Granada, Leganes.

Bagi Benzema, saat Madrid menghadapi tim-tim lemah yang menghuni zona degredasi, seperti Espanyol, Leganes, dan Mallorca, peluangnya menambah gol bakal lebih besar. Sementara itu, tantangan akan datang untuknya ketika kubu Santiago Bernabeu menjalani laga kontra Real Sociedad, Valencia dan Getafe yang sejauh ini menghuni papan atas Liga Spanyol.

Sementara itu, Barcelona bakal memainkan lima laga kandang dan enam duel tandang. Blaugrana dijadwalkan menjamu Leganes, Athletic Bilbao, Atletico Madrid, Espanyol, dan terakhir Osasuna. Pertandingan tandangnya meladeni Mallorca, Sevilla, Celta Vigo, Villarreal, Real Valladolid, dan Alaves.

Atletico Madrid bisa menjadi lawan yang cukup sulit dibobol oleh tim asuhan Quique Setién. Pasalnya, ATM menjadi tim kedua yang paling sedikit kebobolan musim ini, yaitu hanya 21 gol setelah Madrid yang jebol 19 kali. Namun, di putaran pertama lalu, Messi mencetak gol kemenangan Barca atas ATM di Wanda Metropolitano.

Barca juga masih menyisakan laga melawan tiga tim penghuni zona merah, yaitu Espanyol, Leganes, dan Mallorca. Di putaran pertama lalu, La Pulga mencetak hattrick ke gawang Mallorca. Sebagai catatan, laga itu terjadi di Camp Nou bukan di Son Moix.

Jika melihat Lionel Messi adalah top skor Liga Spanyol dalam tiga musim terakhir ---ia sudah mengoleksi 6 gelar pichichi--- berat untuk Benzema untuk menyalipnya. Apalagi, sebelum jeda karena pandemi, Benzema hanya mencetak 2 gol dalam 11 laga terakhir di LaLiga.

Berikut daftar top skor sementara Liga Spanyol 2019/2020 hingga jornada 27.

Pemain Klub Jumlah Gol
Lionel Messi Barcelona 19
Karim Benzema Real Madrid 14
Roger Marti Levante 11
Gerard Moreno Villarreal 11
Lucas Pérez Alavés 11
Luis Suárez Barcelona 11

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight