AFC Women's Asian Cup 2022

Prediksi Timnas Putri Indonesia vs Filipina Jadwal Piala Asia 2022

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 26 Jan 2022 14:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Prediksi Timnas Putri Indonesia vs Filipina, jadwal Piala Asia Wanita 2022, live iNews TV dan RCTI+ Kamis (27/1/2022), jam tayang 21.00 WIB.
tirto.id - Prediksi Timnas Putri Indonesia vs Filipina dalam jadwal Piala Asia Wanita 2022 bakal berlangsung sengit mengingat kedua tim masih sama-sama punya peluang lolos. Pertandingan terakhir fase Grup B AFC Women's Asian Cup 2022 ini dapat disaksikan langsung iNews TV maupun live streaming RCTI+ pada Kamis (27/1/2022), jam tayang pukul 21.00 WIB.

Laga nanti menjadi satu-satunya kesempatan bagi Garuda Pertiwi untuk menuai poin di babak penyisihan Grup B. Secara matematis, peluang Indonesia untuk bisa lolos ke babak berikutnya masih terbuka. Indonesia berpeluang melaju ke perempat final melalui skema peringkat 3 terbaik.

Syaratnya, Indonesia mesti mampu menundukkan Filipina dengan selisih minimal lima gol tanpa kebobolan, sementara Thailand dikandaskan Australia pada hari yang sama. Andai hal itu terjadi, Indonesia, Thailand, dan Filipina, bakal sama-sama mengoleksi 3 poin.

Lantaran ketiga tim ini sudah saling mengalahkan, maka penghitungan peringkat kedua sampai ketiga Grup B dihitung dengan skema head to head: selisih gol ketiga tim saat saling bertemu satu sama lain akan dibandingkan. Dari 3 grup, 2 tim penghuni peringkat 3 terbaik berhak masuk ke 8 besar Piala Asia Wanita 2022.

Saat ini, Indonesia masih terdampar di dasar klasemen sementara, belum mengoleksi poin sama sekali. Skuad arahan Rudy Eka Priyambada selalu menelan kekalahan telak dalam 2 laga terakhir. pada laga kedua yang berlangsung Senin (24/1) kemarin, Garuda Pertiwi tunduk 0-4 dari Thailand.

Sama halnya dengan Indonesia, Filipina juga digilas Australia di pekan kedua Piala Asia 2022 dengan skor 0-4. Alhasil, Filipina harus puas duduk di peringkat 3 klasemen dengan 3 poin.


Prediksi Timnas Putri Indonesia vs Filipina: Jadwal Piala Asia Wanita Live TV

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada, menyebut anak asuhnya kalah mental saat melakoni laga kedua melawan Thailand. Apalagi, ini merupakan penampilan perdana mereka di turnamen sekelas Piala Asia Wanita.

"[Kekalahan] ini merupakan masalah mentalitas tim saya. Kebanyakan dari mereka memang tidak pernah menghadapi pertandingan internasional seperti ini," ujarnya, dilansir Antaranews.

Pelatih berusia 39 tersebut menilai, mental yang belum terbentuk membuat para pemain kesulitan mengembangkan performa di lapangan. Salah satu contohnya adalah saat memegang bola, para penggawa timnas putri tidak tahu kapan harus mengoper dan kapan boleh menggiring.

"Pemain datang ke turnamen ini dengan perasaan gugup, terutama ketika merasakan suasana, melihat stadion dan lawan-lawan yang kami hadapi. Namun, ini semua proses yang harus kami lewati agar sepak bola putri Indonesia semakin berkembang," sambungnya.

Jika dibandingkan secara peringkat, Indonesia kalah jauh dibanding Filipina. Garuda Pertiwi saat ini masih berkutat di posisi ke-94, sedangkan Filipina menempati peringkat 64.

Meski begitu, Filipina juga sedang mengalami penurunan motivasi setelah dikalahkan 0-4 oleh Australia. Pasukan arahan Rudy bisa memanfaatkan hal tersebut untuk setidaknya mencuri poin penuh di laga nanti.

Di kubu seberang, pelatih Filipina, Alen Stajcic tetap optimistis menatap laga terakhir fase grup. Ia berharap bisa membawa skuadnya lolos ke babak sistem gugur untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.


Perkiraan Susunan Pemain Timnas Putri Indonesia vs Filipina

Indonesia (5-4-1): Fani Supriyanto; Tia Darti Septiawati, Shalika Aurelia, Ade Mustikiana, Remini Chere, Rosdilah Nurrohmah; Octavianti Dwi, Baiq Amiatun, Rani Mulyasari, Zahra Muzdalifah; Vivi Oktavia. Pelatih: Rudy Eka Priambada

Filipina (4-4-2): Inna Palacios; Hali Long, Ryley Bugay, Tara Shelton, Morgan Brown; Camille Rodriguez, Anicka Castaneda, Sara Castaneda, Eva Madarang; Quinley Quezada, Chandler McDaniel. Pelatih: Alen Stajcic


Skor Head to Head (H2H) Timnas Putri Indonesia vs Filipina

Timnas Putri Indonesia dan Filipina telah berjumpa sebanyak 2 kali sejauh ini. Catatan Indonesia dalam kurun tersebut tidak terlalu buruk. Bahkan, dalam laga terakhir yang dihelat pada 2018 lalu, Garuda Pertiwi berhasil menahan imbang Filipina dengan skor 3-3.

Hasil 2 Pertemuan Terakhir Indonesia vs Filipina
09/07/18 Indonesia vs Filipina 3 - 3
10/09/13 Indonesia vs Filipina 0 - 6

Hasil 5 Laga Terakhir Indonesia
08/12/19 Myanmar vs Filipina 2 - 1
18/09/21 Nepal vs Filipina 1 - 2
24/09/21 Filipina vs Hong Kong 2 - 1
21/01/22 Thailand vs Filipina 0 - 1
24/01/22 Filipina vs Australia 0 - 4

Hasil 5 Laga Terakhir Filipina
02/12/19 Thailand vs Indonesia 5 - 1
24/09/21 Singapore vs Indonesia 0 - 1
27/09/21 Indonesia vs Singapura 1 - 0
21/01/22 Australia vs Indonesia 18 - 0
24/01/22 Indonesia vs Thailand 0 - 4


Live Streaming Indonesia vs Filipina di iNews TV

Pertandingan Indonesia vs Filipina, sesuai jadwal Piala Asia Wanita 2022, dapat disaksikan secara langsung melalui siaran langsung iNews TV dan live streaming RCTI+ pada Kamis (27/1/2022) mulai pukul 21.00 WIB.

Live streaming Timnas Putri Indonesia vs Filipina di RCTI+ bisa ditonton secara gratis, atau tanpa harus membeli paket langganan terlebih dahulu di platform tersebut, hanya perlu mendaftar akun untuk dapat login ke platform ini melalui aplikasi maupun website.

Link Live Streaming Indonesia vs Filipina

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA WANITA 2022 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight