Kualifikasi Piala Dunia 2022

Prediksi Timnas Indonesia vs Vietnam: Peluang Menang Perdana

Oleh: Beni Jo - 14 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa (15/10/2019): tuan rumah mengincar kemenangan perdana.
tirto.id - Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam dalam lanjutan Pra-Piala Dunia 2022 Grup G sekaligus kualifikasi Piala Asia 2023 digelar Selasa (15/10/2019) pukul 18.30 WIB di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Kalah dalam tiga duel sebelumnya, laga ini menjadi peluang bagi Garuda untuk meraih kemenangan perdana.

Indonesia mencatatkan hasil negatif sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari tiga penampilan, tidak satu pun angka yang dapat diraih oleh timnas. Apalagi, dua di antara pertandingan tersebut digelar di kandang sendiri, melawan Malaysia dan Thailand.

Selain itu, angka kebobolan Merah-Putih juga sangat tinggi. Dudah 11 gol yang bersarang di gawang yang dikawal secara bergantian oleh Andritany Ardhiyasa dan Wawan Hendrawan. Saat Andritany jadi kiper utama, gawang Indonesia jebol enam kali dalam dua laga. Sedangkan Wawan, dalam laga kontra UEA, jebol lima kali.

Indonesia saat ini tergabung dengan lima negara yang memiliki catatan kebobolan terburuk di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zonA Asia, dari Grup A hingga Grup H ini dengan jumlah diatas 10 gol.

Selain Indonesia, empat tim yang sejauh ini gawangnya sudah terkoyak diatas 10 kali adalah Guam (Grup A, jebol 12 gol), Nepal (Grup B, jebol 12 gol), Kamboja (Grup C, jebol 16 gol), dan Sri Lanka (Grup H, jebol 11 gol).

Angka tersebut berbanding terbalik dengan calon lawan. Dari dua kali penampilan, Vietnam memiliki rekor clean sheet alias belum kebobolan sekali saja. Tim yang diarsiteki Park Hang-seo bermain imbang 0-0 dalam laga perdana dan menang 1-0 pada pertandingan selanjutnya.

Duel Indonesia vs Vietnam ini dapat menjadi momentum untuk Garuda meraih kemenangan perdana di babak kualifikasi menuju Piala Dunia 2022. Namun, lebih dari itu, pasukan Simon McMenemy juga berpeluang menjadi tim pertama yang mampu membobol gawang Vietnam.

Menurut catatan statistik lainnya, Indonesia sendiri mampu tampil tidak terkalahkan dalam tiga pertemuan terakhir di ajang resmi saat meladeni Vietnam, dengan hasil sekali menang dan dua kali imbang. Apalagi dalam semua duel tersebut, timnas selalu sukses mencetak dua gol dalam tiap laga.

"Kami tidak bisa bicara rekor, itu berarti berharap adanya keberuntungan dan kami tidak berharap itu. Makin banyak pengalaman, pemain Vietnam makin muda dan berani," ungkap Simon, dikutip laman resmi PSSI, Minggu (13/10).

Namun, timnas juga perlu waspada pada kekuatan sang lawan. Belum kebobolan menjadi bukti bahwa lini belakang Vietnam sangat bagus dalam menjaga gawangnya tidak sampai terkoyak satu kali pun.

Selain itu, Hansamu Yama dan kolega juga layak berhati-hati dalam laga keempat ini dalam menjaga sektor pertahanan agar tidak kembali kebobolan. Tiga laga berlalu, gawang Garuda selalu terkoyak, minimal tiga kali.



Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Wawan Hendrawan; Putu Gede, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Ricky Fajrin; Zulfiandi, Evan Dimas; Andik Vermansah, Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly; Beto Goncalves.

Vietnam (4-4-2): Pham Van Cuong; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Nguyen Hu Tuan, Nguyen Thanh Chung; Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Quang Hai, Nguyen Huy Hung; Nguyen Anh Duc, Nguyen Trong Hung.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight