Prediksi Timnas Indonesia U23 vs Vietnam: Duel Dua Tim Terbaik

Oleh: Wan Faizal - 30 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia U23 vs Vietnam pada laga ketiga Grup B SEA Games 2019 yang digelar Minggu (1/12) pukul 19.00 diperkirakan bakal berlangsung sengit.
tirto.id - Prediksi Timnas Indonesia U23 vs Vietnam dalam laga ketiga Grup B SEA Games 2019 yang dihelat di Rizal Memorial Stadium, Minggu (1/12) pukul 19.00 WIB bakal berlangsung sengit. Pasalnya, sejauh ini, kedua tim menjadi yang terbaik dengan torehan dua kemenangan.

Baik Vietnam maupun Indonesia telah mengoleksi 6 poin dan hanya berbeda selisih gol. Sementara di urutan ketiga dihuni Thailand dengan poin 3.

Vietnam asuhan Park Hang-seo sejauh ini sudah mengemas 12 gol dan baru kebobolan satu gol. Artinya, catatan gol mereka surplus 11. Jumlah itu menjadikan Vietnam sebagai tim tertajam.

Sedangkan Indonesia baru mencetak empat gol saja. Namun, tim asuhan Indra Sjafri memiliki keunggulan yakni tak pernah kebobolan dalam dua laga yang telah dijalani. Jika dibandingkan dengan tim-tim di Grup A, Andy Setyo dan kolega menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan.


Indonesia tentu mengincar kemenangan. Tambahan tiga poin tak hanya berguna untuk menggeser Vietnam dari posisi puncak klasemen, melainkan memberi harapan untuk menjadi juara grup lantaran di dua laga berikutnya hanya akan berjumpa Laos dan Brunei, dua tim terlemah di Grup B.

“Kami masih punya tiga pertandingan lagi di penyisihan grup. Untuk itu kami tidak boleh lengah. Kami ingin lolos ke semifinal, final, dan meraih medali emas di ajang SEA Games 2019 ini,” kata Osvaldo Haay.

Sementara itu, Vietnam menyadari betapa bahayanya kekuatan Indonesia. Kemampuan individu menjadi salah satunya.

Satu nama yang diwaspadai Vietnam yakni Osvaldo Haay. Striker milik Persebaya Surabaya itu sudah mencetak dua gol dan untuk sementara menjadi top skor bagi Indonesia. Satu assist pun sudah dipersembahkan Osvaldo saat laga kontra Singapura lalu.

“Saya mewaspadai pemain Indonesia nomor 20 (Osvaldo). Saya memang tidak berhadapan dengannya di Kualifikasi Piala Asia U23, tapi menurut saya ia punya kecepatan dan daya jelajah yang bagus,” kata bek Vietnam, Nguyen Thanh Chung.

Satu hal menarik jelang laga ini adalah mengenai starting eleven Indonesia. Dari dua laga pertama kontra Thailand dan Singapura tak ada perubahan sama sekali yang dilakukan pelatih. Namun di laga ketiga perubahan kecil diprediksi terjadi mengingat ada dua nama yang cedera, yakni Muhammad Rafli dan Firza Andika.

Kondisi Tim Terkini

Cederanya Rafli dan Firza di laga kontra Singapura lalu bisa membuat Indra Sjafri melakukan perubahan di laga ini. Osvaldo bisa bermain sejak menit awal di lini depan sedangkan untuk sektor bek kiri masih menjadi tanya. Dodi Alex bermain menggantikan Firza di laga terakhir namun bukan tak mungkin Indra memberikan posisi itu pada Bagas Adi Nugroho.

Sedangkan dari Vietnam, dikabarkan salah satu pemain andalan mereka seperti Nguyen Trong Hung akan absen di laga ini. Pemain yang turut mencetak satu gol kontra Brunei itu menderita cedera paha saat berhadapan dengan Laos pada laga kedua kemarin.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Andy Setyo, Bagas Adi; Zulfiandi, Evan Dimas, Syahrian Abimanyu; Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay.

Vietnam: Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Doan Van Hau; Nguyen Trong Hoang, Do Hung Dung, Trieu Viet Hung; Tran Thanh Son, Nguyen Hoang Duc, Ha Duc Chinh.


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA U23 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight