Prediksi Timnas Indonesia U23 vs Iran: Pemanasan SEA Games 2019

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia U23 vs Iran dalam laga uji coba internasional pada Rabu (13/11/2019): Garuda bakal kesulitan.
tirto.id - Laga uji coba internasional antara Tim nasional (Timnas) Indonesia U23 vs Iran akan berlangsung pada Rabu (13/11/2019) pukul 16.30 WIB di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Duel ini diprediksi menjadi seleksi akhir untuk para pemain kedua belah pihak. Timnas U23 bakal tampil di SEA Games 2019, sedangkan Iran U23 melakoni Piala Asia U23 2020.

Timnas Indonesia U23 bakal bertemu Iran U23 dalam dua duel yang berselang tiga hari. Setelah duel pada Rabu (13/11), kedua tim akan bersua kembali pada Sabtu (16/11), dengan venue berbeda: Stadion Pakansari, Bogor. Dua pertandingan tersebut dipakai Indra Sjafri untuk menentukan skuad inti yang akan berlaga di SEA Games Manila 2019.

“Ini akan menjadi pertandingan untuk menentukan skuad kita dari 28 pemain yang ada kita harus memilih 20 yang terbaik. Oleh sebab itu pertandingan ini kita jadikan simulasi tim untuk menghadapi SEA Games nanti,” ungkap Indra dikutip dari PSSI.org.

“Pertandingan uji coba di China kami mendapat evaluasi yang harus diperbaiki. Makanya uji coba melawan Iran ini kami ingin lihat apa yang sudah diperbaiki. Hanya saja kami perlu memberikan kesempatan kepada pemain yang kami anggap belum yakin terhadap mereka kami berikan pertandingan di Bali kepada pemain perlu kami lihat lebih dalam lagi,” imbuhnya.

Sebelum duel ini, timnas U23 telah melakoni 3 laga di China Ching Qing Three Gorges Bank Cup Internasional Football Tournament 2019 di China. Namun, pasukan Indra Sjafri mendapat hasil-hasil buruk. Mereka kalah 0-2 di laga pertama melawan China, tumbang 1-0 dari Yordania, dan menutup turnamen dengan imbang 1-1 kontra Arab Saudi.

Di kubu Iran, pelatih Hamid Estili juga menganggap laga ini akan menjadi persiapan timnya untuk mengarungi Piala Asia U23 2020 di Thailand, khususnya perihal adaptasi cuaca.

“Dua laga ini di Indonesia ini bagus untuk kami karena cuaca tak jauh berbeda dengan Thailand, dan kami bisa beradaptasi,” katanya dalam konferensi pers jelang pertandingan.

“Kondisi sepakbola di sini bagus dan juga mirip Thailand. Terima kasih untuk PSSI dan terima kasih untuk persiapannya. Semoga hubungan ini semakin erat,” tandas Hamid.




Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia U23

Timnas U23: Muhamad Riyandi, Andy Setyo, Dodi Alexvan Djin, Asnawi Mangku Alam, Firza Andika, Rachmat Irianto, Syarian Abimanyu, Irkham Mila, Sani Rizki Fauzi, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli

Prediksi Pertandingan

Performa skuad arahan Indra Sjafri dalam tiga pertandingan terakhir memang tidak bisa diandalkan jika dibandingkan Iran. Pasalnya, Iran U23 baru kalah 1 kali dalam 4 laga terakhir. Selebihnya, meraih 2 kemenangan dan 1 seri.

Terlebih, dalam perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta/Palembang, Iran sanggup melangkah ke-16 sebelum dihentikan oleh peraih medali emas, Korea Selatan dengan skor 2-0.

Prediksinya, Indonesia masih akan kesusuhan meladeni permainan Iran yang cenderung mengandalkan kekuatan fisik dan keunggulan postur. Maksimal, pasukan Indra Sjafri diyakini hanya mampu bermain imbang.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight