Prediksi Timnas Indonesia U18 vs Laos: Saatnya Lolos ke Semifinal

Oleh: Wan Faizal - 11 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia U-18 vs Laos: Indonesia berpeluang besar lolos cepat ke semifinal.
tirto.id - Timnas Indonesia U-18 akan berhadapan dengan Laos dalam lanjutan Piala AFF U-18 Grup A di Thong Nhat Stadium, Senin (12/8/2019) pukul 15.30 WIB. Bagi skuat Timnas U18, kemenangan di pertandingan ini akan memastikan satu tempat di babak semifinal.

Setelah menyelesaikan tiga pertandingan, saat ini tim asuhan Fakhri Husaini memimpin persaingan di Grup A dengan koleksi sembilan poin. Sapu bersih memang berhasil dilakukan skuad Garuda Nusantara ketika mereka bertemu Filipina, Timor Leste, dan Brunei. Sementara di peringkat dua ada Myanmar yang sama-sama mengoleksi sembilan angka disusul Laos dengan enam poin.

Artinya, andai bisa mengalahkan Laos esok maka tiket ke babak semifinal sudah bisa dipastikan. Keunggulan enam angka atas Laos dengan sisa satu pertandingan jelas tidak mungkin lagi bisa mereka kejar.

Akan tetapi, Fakhri mengatakan bahwa ia tidak mau berpikir terlalu jauh. Fokus anak asuhnya masih berada pada fase grup. Yakni menyelesaikan dua pertandingan tersisa melawan Laos dan kemudian berhadapan dengan Myanmar yang bisa menjadi laga penentuan juara grup.

“Saya masih fokus pada tiap laga disini. Saya sama sekali tidak terpikirkan akan bertemu siapa di semifinal nanti.Sudah sering saya katakan pada para pemain bahwa siapa pun lawannya, kami harus selalu siap. Untuk sekarang, fokus kami adalah melawan Laos,” jelas sang pelatih.

Sementara itu Laos pada hari Sabtu kemarin berhasil menjaga asa untuk lolos ke semifinal. Kemenangan tipis 1-0 diraih atas Filipina berkat gol tunggal Akkhom Thoranin di menit 81 dan menjadi kemenangan kedua mereka di babak grup ini.

“Tidak mudah bagi kami mengalahkan Filipina, namun kami berhasil memenangi pertarungan sengit tersebut. Tiga poin yang kami dapat sangat berharga untuk menjaga kans kami melaju ke babak semifinal,” kata pelatih Laos, V. Sundramoorthy.

Laos tentu berharap setidaknya bisa mencuri satu angka dari Indonesia sambil berharap Brunei membuat kejutan besar kala bertemu Myanmar. Melihat situasi yang ada, harapan mereka sangat sulit terwujud meski dalam sepakbola apapun masih bisa terjadi.

Kondisi Tim Terkini

Setelah mengistirahatkan banyak pemain intinya saat melawan Brunei, kini Coach Fakhri mungkin akan mulai menurunkan mereka kembali melawan Laos. Tim satu ini tentu tidak mudah dikalahkan. Apalagi skuad inti Garuda Nusantara tentu butuh ‘pemanasan’ lagi jelang duel yang lebih sengit melawan Myanmar hari Rabu nanti.

Sementara bagi Laos, ada kemungkinan Sundramoorthy akan tetap menurunkan para peman terbaiknya. Target mencuri poin dari Indonesia tentu akan lebih sulit terlaksana apabila ia malah menggunakan para pemain pelapisnya.

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia: Ernando Ari; Bagas Kaffa, Komang Teguh, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid; Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra Nugraha; Fajar Fathurrahman, Supriadi, Sutan Zico

Laos: Solasak Thilavong; Anoulack Vannalath, Xayyasith Koulabsavanh, Khamsanga Phimmasone, Saleunxay Phommavong; Thanouthong Kietnalonglop, Bounmy Pinkeo, Alounnay Lounlasy; Tee Sihalath, Chony Wenpaserth, Akkhom Thoranin

Baca juga artikel terkait HARD NEWS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Agung DH
Kontributor: Wan Faizal
DarkLight