Prediksi Timnas Indonesia U-19 vs Iran: Tes Jelang Pra-Piala Asia

Oleh: Wan Faizal - 6 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia U-19 vs Iran dalam uji coba internasional: Garuda bakal merasakan kekuatan tim tangguh asal Asia Barat.
tirto.id - Tim nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan menggelar laga uji coba melawan Iran U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (7/9/2019) pukul 15.30 WIB. Meski hanya berstatus laga persahabatan, arti pertandingan ini penting sebagai tolok ukur Garuda jelang Kualifikasi Piala AFC U-19 pada November mendatang.

Pelatih Fakhri Husaini menegaskan, ia dan anak asuhnya tidak akan main-main di pertandingan ini. Namun, kemenangan tidak menjadi incaran utama. Sang pelatih ingin para pemainnya menunjukkan perbaikan dibandingkan ketika bermain di Piala AFF U-19 2019.

Ada beberapa kelemahan yang masuk catatan Fakhri dari turnamen tersebut. Terutama di sektor pertahanan yang masih cukup mudah kebobolan lewat bola mati. Terlihat sepele, namun hal itu menjadi fokus utama sang juru taktik jelang pertandingan ini.

“Evaluasi yang kami lakukan lebih terfokus ke taktik karena kebanyakan gol yang kami derita berasal dari situasi bola mati. Memang terlihat sederhana namun itu bisa menjadi masalah besar bagi masa depan tim ini. Masih ada evaluasi untuk posisi penjaga gawang, bek, dan striker di tim ini,” kata Fakhri dikutip situs web resmi PSSI.

Yang dikatakan sang pelatih tidak salah. Kekalahan dari Malaysia di semifinal AFF U-19 lalu bisa dihindari andai para pemain Garuda lebih jeli mengatasi situasi set pieces. Maka. mumpung bertemu tim kuat seperti Iran, Timnas U-19 bisa memperbaiki kualitas permainan mereka soal hal ini.

Apalagi Iran U-19 tidak bisa diremehkan begitu saja. Mereka baru saja menjuarai CAFA U-19 alias Central Asian Football Association Championship pada pertengahan Agustus kemarin dengan mengalahkan Tajikistan. Selain itu, Iran juga menegaskan tidak akan main-main dalam persiapannya melawan Indonesia.

“Kami hampir mencapai kondisi ideal jelang pertandingan melawan Indonesia. Saya tahu bahwa mereka tim yang kuat dan berkualitas. Akan menjadi pengalaman berharga bagi anak asuh saya ketika berhadapan dengan Indonesia yang akan mendapatkan banyak dukungan dari para suporternya,” kata pelatih Iran U-19, Sirous Pourmousavi dikutip situs web resmi Federasi Sepak Bola Iran.

Laga melawan Iran sendiri akan digelar dua kali. Laga kedua akan tersaji pada 11 September mendatang di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Setelahnya, Timnas U19 akan semakin intens melakoni persiapan berikutnya jelang bersaing dengan Hong Kong, Korea Utara, dan Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-19.



Kondisi Tim Terkini

Fakhri Husaini memutuskan untuk memanggil kembali 23 nama yang bermain di Piala AFF U-19 2019. Artinya, tidak ada pemain baru yang masuk ke dalam tim. Hal itu bisa jadi positif karena para pemain tidak perlu beradaptasi lagi satu sama lain.

Sementara Iran masih akan dinanti permainannya di laga uji coba ini. Pelatih Sirous Pourmousavi kemungkinan besar masih akan melakukan bongkar-pasang dalam skuadnya jelang persaingan dengan Uni Emirat Arab, Nepal, dan Kirgistan di Grup D Kualifikasi Piala Asia U-19.

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid; Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra Nugraha; Mohammad Supriadi, Fajar Faturrahman, Bagus Kahfi

Iran: Amirhossein Nikpour; Hossein Shaverdi, Mohammad Amin Hazbavi, Ahmadreza Jalali, Mohammadreza Moharrami; Yasin Salmani, Ahmad Shariatzadeh, Alireza Asadabadi; Ali Khodaei, Reza Mousavian, Aria Barzegar

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight