Piala AFF U-18 2019

Prediksi Timnas Australia U-18 vs Malaysia: Siapa Juara Piala AFF?

Oleh: Beni Jo - 18 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Australia U-18 vs Malaysia: Harimau Muda berpeluang menjadi juara Piala AFF U-18 2019.
tirto.id - Duel Timnas Australia U-18 vs Malaysia dalam pertandingan final Piala AFF U-18 2019 digelar Senin (19/8/2019) pukul 19.30 WIB di Thong Nhat Stadium. Laga ini menjadi kesempatan bagi Tim Harimau Muda untuk meraih gelar setelah sempat mengalahkan Australia dengan skor telak di turnamen ini.

Malaysia sudah bertemu Australia dalam babak penyisihan grup. Saat itu, Tim Harimau Muda menang tiga gol tanpa balas. Menariknya, mereka mampu mencetak semua gol pada babak pertama.

Luqman Hakim Shamsudin membobol gawang kawalan Jackson Henry Sidney Lee dua kali. Luqman menghasilkan brace pada menit ke-17 dan 39. Satu gol lainnya disumbangkan oleh Muhammad Azam Azmi Murad menit ke-27.

Dari catatan statistik di atas, tim yang diasuh oleh Bradley John Maloney itu diprediksi akan mengincar gol cepat pada babak pertama. Sama seperti laga meladeni Indonesia di semifinal, Malaysia juga unggul lebih dulu pada duel tersebut lewat sontekan Mohd Aiman Afif Afizul menit ke-19.

Malaysia dapat kembali mengandalkan Luqman di lini depan yang sejauh ini sudah mengoleksi empat gol. Selain itu, masih ada nama Harith Haiqal Adam dan Mohammad Firdaus yang sudah mencetak dua gol.

Australia sendiri diprediksi akan tampil lebih hati-hati sejak menit awal. Berkaca ketika meladeni Malaysia pada babak pertama, Young Socceroos perlu membenahi lini belakang. Selain itu, sektor depan juga perlu kembali diasah untuk bisa membobol gawang Malaysia.

Dari daftar susunan pemain yang dimiliki, tim asuhan Gary Rudy Peter Van Egmond sebenarnya mempunyai Dylan Enrique Ruiz-Diaz di lini depan. Striker dengan nomor punggung 10 itu sudah mengumpulkan 6 gol. Ia duduk sebagai top skor sementara bersama Amiruddin Bagus Kahfi dan Mouzinho Lima dari Timor Leste.

Namun, saat diturunkan pada pertandingan melawan Malaysia, ia gagal mencetak gol. Selain itu, dalam laga semifinal, Ruiz-Diaz juga tidak ditampilkan oleh sang pelatih.

Maka, duel final ini menjadi peluangnya untuk menambah torehan gol jika dipercaya oleh Van Egmond untuk menghuni satu tempat di lini depan.



Perkiraan Susunan Pemain

Australia U-18 (4-4-2): Noah Paul James; Alec Campbell Mills, Thomas Lachlan Fay, Kai Clifton Trewin, Bradley Gareth Chick; Fabian Andres Monge, Lochlan Dean Constable, Jake John Hollman, Marco Tilio; Lleyton Andrew Tanabe Brooks, Jarrod Carluccio.

Malaysia U-18 (4-3-3): Sikh Izhan Nazriel; Muhammad Firdaus Ramli, Muhammad Nuh Azlan Syah, Harith Haiqal, Muhammad Aidil Azuan; Muhammad Fakrul Naszari, Mohd Aiman Afif Afizul, Muhammad Azam Azmi; Muhammad Mukhairi Mahadi, Mohammad Nasip Zain, Luqman Hakim Shamsudin.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight