Liga Inggris

Prediksi Sheffield United vs Arsenal: Pertahanan Baja Lawan Meriam

Oleh: Permadi Suntama - 21 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Sheffield United vs Arsenal di Liga Inggris pada Selasa (22/10/2019): pertahanan kuat tuan rumah akan berhadapan dengan lini depan tim tamu yang bisa diperkuat Alexandre Lacazette.
tirto.id - Arsenal akan menghadapi Sheffield United di Stadion Bramall Lane dalam lanjutan pekan ke-9 Liga Inggris, pada Selasa (22/10/2019) pukul 02.00 WIB. The Gunners yang bertekad untuk terus berada di zona Liga Champions, akan menghadapi tuan rumah yang merupakan tim dengan pertahanan terbaik di Premier League.

Saat ini, anak asuh Unai Emery berada di peringkat 5 klasemen Liga Inggris dengan torehan 15 poin. Granit Xhaka dan kolega tertinggal 10 poin dari pimpinan klasemen sementara, Liverpool. Namun, hal itu terjadi karena The Gunners baru bermain 8 kali. Jika Arsenal berhasil meraih 3 poin, mereka akan merangsek ke posisi 3, menggeser Leicester City dan Chelsea yang mengoleksi total 17 poin.

Dalam upaya mengamankan poin penuh, The Gunners berpotensi diperkuat Alexandre Lacazette yang absen dalam 7 laga terkini Arsenal. Kehadiran penyerang berkebangsaan Perancis itu dapat mempertajam lini depan Meriam London, yang sejauh ini terlalu mengandalkan Pierre-Emerick Aubameyang.

“Apakah dia bisa bermain bersama kami [pada Selasa], tergantung bagaimana dia merasakan [sakit atau tidak] di latihan kami berikutnya. Apakah pergelangan kakinya tidak bermasalah lagi. Hal positif bagi kami, dia telah mulai berlatih dan mungkin tampil pada hari Senin [Selasa waktu Indonesia],” tutur Emery, dikutip situs web resmi Arsenal.

Kehadiran Lacazette tentu akan menjadi ujian serius bagi tuan rumah. Sheffield United saat ini menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di Liga Inggris bersama Liverpool, dengan 7 gol.

Selain itu, kehadiran Lacazette yang sudah mencetak 2 gol dari 3 laga di Liga Inggris itu diharapkan mampu memutus rekor buruk The Gunners di Bramall Lane.

Pasalnya, kemenangan terakhir Arsenal di kandang Sheffield United dalam ajang Liga Inggris terjadi pada musim 1993/1994, dengan skor 0-1. Setelah itu dari 8 pertemuan Sheffield United vs Arsenal di kompetisi yang sama, The Gunners tak pernah menang. Mereka menderita 5 kali kalah saat laga digelar di Bramall Lane.

Bahkan, dalam pertemuan terakhir di ajang Premier League musim 2006/2007, Arsenal tetap gagal menang kendati hanya menghadapi 10 pemain.

“Drama terjadi ketika penjaga gawang [Sheffield United] Paddy Kenny mengalami cedera kunci paha dan, jatah penggantian pemain sudah habis. Phil Jagielka, menjadi penjaga gawang selama 29 menit terakhir pertandingan [dan Sheffield tampil dengan 10 pemain],” tulis jurnalis Independent, Josh Luckhurst.

“Dia [Jagielka] berhasil melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau peluang matang Robin Van Persie saat timnya berupaya untuk mempertahankan skor dan menjadi kemenangan yang tak terlupakan bagi Sheffield,” tambahnya.



Prediksi Jalannya Pertandingan

Arsenal diprediksi akan menguasai jalannya pertandingan sepanjang laga. Mereka memiliki rerata penguasaan bola 53% per laga. Kendati persentase tersebut tidak terlalu tinggi, karakteristik Sheffield United, yang mengutamakan serangan balik akan membuat bola lebih banyak dimainkan oleh Granit Xhaka dan kolega.

Masalah Arsenal hingga saat ini adalah umpan-umpan silang ke lini pertahanan. Hal tersebut diprediksi akan dimanfaatkan oleh The Blades. Pasalnya, John Lundstram dan rekan-rekan memiliki keunggulan dalam duel udara. Dari catatan statistik, tuan rumah rata-rata memenangi 51% duel udara, berbanding 48% yang dicatat tim tamu.

Perkiraan Susunan Pemain

Sheffield United (3-5-2): Dean Henderson; Chris Basham, John Egan, Jack O’Connell; George Baldock, John Lundstram, Oliver Norwood, John Fleck, Enda Stevens; Oliver McBurnie, Callum Robinson.

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin, Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney; Matteo Guendouzi, Granis Xhaka; Nicolas Pepe, Dani Ceballos, Bukayo Saka; Pierre-Emerick Aubameyang.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight