Liga Champions

Prediksi Shakhtar Donetsk vs Manchester City: Modal Bagus Tim Tamu

Oleh: Wan Faizal - 18 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Shakhtar Donetsk vs Manchester City di Liga Champions: tim tamu punya modal kemenangan tiga gol musim lalu.
tirto.id - Pertandingan Liga Champions 2019/2020 antara Shakhtar Donetsk vs Manchester City akan digelar di Stadion Metalist, Kamis (19/9/2019) pukul 02.00 WIB. Meski bermain tandang, City punya modal bagus dari pertemuan atas lawan yang sama musim lalu.

Shakhtar dan Manchester City berada di grup yang sama pada Liga Champions musim lalu. Namun pengalaman saat itu bakal ingin dilupakan oleh tim asal Ukraina tersebut. Pasalnya dalam dua pertemuan, Shakhtar kalah dengan agregat gol 9-0.

Duel pertama kedua tim musim lalu terjadi di Kharkiv dan City memenangi laga dengan skor 0-3. David Silva, Aymeric Laporte, dan Bernardo Silva secara bergantian mengempaskan tuan rumah kala itu. Kemudian saat giliran bertandang ke Stadion Etihad, Shakhtar dihajar 6-0 lewat gol David Silva, Raheem Sterling, Riyad Mahrez, serta hattrick Gabriel Jesus.

Kemenangan tandang musim lalu, bisa meningkatkan motivasi dari anak asuh Pep Guardiola. Tanpa modal itu sekalipun, City bisa tetap termotivasi meraih kemenangan. Pasalnya, akhir pekan lalu di Liga Inggris mereka baru saja menelan kekalahan pertama musim ini dari tim promosi, Norwich City.

“Fokus kami sekarang sudah tertuju pada Liga Champions. Dengan segala hormat pada Shakhtar, kami berada disini untuk meraih kemenangan. Namun untuk bisa melakukannya, kami terlebih dahulu harus fokus pada cara bermain kami sendiri,” kata bek City asal Ukraina, Oleksandr Zinchenko.



Di tempat lain, Shakhtar percaya diri menyongsong pertandingan ini. Modal mereka terhitung bagus yakni lima kemenangan dalam lima laga terakhir di Liga Ukraina atas Zorya Luhansk, Olimpik Donetsk, Mariupol, FC Lviv, dan Dynamo Kiev.

Namun, melawan City di ajang sekelas Liga Champions bisa menjadi urusan berbeda. City akan sangat menggebu meraih kemenangan guna mempermudah keinginan mereka meraih gelar juara di ajang satu ini.

“Setelah mengalahkan Zorya Luhansk, sekarang kami harus fokus pada Manchester City. Melawan tim seperti mereka, tentunya kami harus mempersiapkan diri dengan bagus. Termasuk berdiskusi dan menganalisis bagaimana permainan mereka selama ini,” ungkap Yevhen Konoplyanka.

Kondisi Tim Terkini

Perjuangan City di Kharkiv sebenarnya tidak akan mudah. Mereka sudah kehilangan Laporte karena cedera pekan lalu. Kabar terbaru menyebutkan bahwa John Stones ikut tumbang. Artinya, City hanya menyisakan Nicolas Otamendi saja yang kemungkinan besar akan ditemani Fernandinho di jantung pertahanan.

Selain itu, City juga kehilangan Phil Foden untuk pertandingan ini. Namun tidak terlalu jadi masalah karena Foden sendiri statusnya adalah pemain pelapis. Demikian juga dengan Leroy Sane yang masih belum bisa main sejak awal musim.

Dari kubu Shakhtar, dua pemain absen karena cedera yakni Davit Khocholava dan Andriy Totovytskyi. Sementara itu sang kapten, Taison, kemungkinan sudah bisa berlaga setelah kondisinya sempat tidak 100 persen fit jelang laga ini.

Perkiraan Susunan Pemain

Shakhtar (4-2-3-1): Andriy Pyatov; Sergiy Bolbat, Mykola Matvyenko, Sergey Krivtsov, Ismaily; Taras Stepanenko, Alan Patrick; Viktor Kovalenko, Marlos, Taison; Moraes

City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Fernandinho, Nicolas Otamendi, Oleksandr Zinchenko; Rodrigo, Kevin De Bruyne, David Silva; Riyad Mahrez, Raheem Sterling, Sergio Aguero

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight